Kocak, Penjahat Buron 7 Tahun Ditangkap saat Melamar Kerja Jadi Polisi

Sabtu, 17 September 2022 - 11:03 WIB
loading...
Kocak, Penjahat Buron 7 Tahun Ditangkap saat Melamar Kerja Jadi Polisi
Thomas Ngcobo (40), pria Afrika Selatan yang dijuluki penjahat terbodoh. Dia buron tujuh tahun, tapi datang ke kantor polisi untuk melamar kerja sebagai polisi. Foto/Newsflash
A A A
CAPE TOWN - Pria Afrika Selatan bernama Thomas Ngcobo (40) ini dijuluki sebagai "penjahat terbodoh". Musababnya, penjahat yang buron 7 tahun tersebut datang ke kantor polisi untuk melamar pekerjaan yang membuatnya ditangkap.

Ngcobo telah buron bertahun-tahun setelah mencuri produk perangkat keras senilai lebih dari ÂŁ1.000.

Pada 2015, dia dipekerjakan untuk mengirimkan produk perangkat keras ke klien tetapi dia mengalihkan pengiriman ke alamat lain.

"Trik kotor tersangka terungkap seminggu kemudian setelah manajer memutuskan untuk memeriksa faktur. Disadari bahwa dua faktur hilang dan materi lainnya telah dikirim ke alamat yang salah," kata juru bicara kepolisian Mpumalanga, Brigadir Selvy Mohlala, seperti dikutip dari The Mirror, Sabtu (17/9/2022).



Kasus pencurian itu terdaftar di Bethal South African Police Service (SAPS) yang berkantor pusat di provinsi Mpumalanga, Afrika Selatan pada tahun 2015. Ngcobo kemudian dimasukkan dalam daftar orang yang dicari polisi.

Tujuh tahun kemudian, Ngcobo berjalan melewati pintu depan kantor polisi untuk mencari tahu tentang lamaran pekerjaannya terkait perekrutan polisi.

"Tersangka tiba-tiba ditangkap pada Senin, 15 Agustus 2022, setelah dia mengunjungi Bethal SAPS untuk menanyakan tentang lamarannya untuk perekrutan polisi," kata Mohlala.

Komisaris SAPS di Mpumalanga, Letnan Jenderal Semakaleng Daphney Manamela mengatakan, “Kami bekerja tanpa lelah siang dan malam, berpegang teguh pada mandat kami untuk menciptakan lingkungan yang aman bagi semua warga. Kami tidak dapat mencapai tahap itu sementara tersangka lain masih berkeliaran di jalanan dan meneror masyarakat. Hanya masalah waktu sebelum kita membawa mereka ke pengadilan."

Media lokal melaporkan bahwa Ngcobo ditahan sejak 16 Agustus dan ditanyai apakah dia penjahat paling bodoh di negara itu.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1004 seconds (0.1#10.140)