Mengapa ISIS Tidak Berani Menyerang Israel? Ini Penyebabnya

Sabtu, 17 September 2022 - 05:45 WIB
loading...
Mengapa ISIS Tidak Berani Menyerang Israel? Ini Penyebabnya
Seorang anggota ISIS mengibarkan bendera kelompok itu di Raqqa, Suriah, 29 Juni 2014. Foto/REUTERS/Stringer
A A A
TEL AVIV - Negara Islam (ISIS) adalah organisasi teroris terstruktur yang mulai muncul di Irak sekitar tahun 2004. Pada Januari 2016, ISIS memberikan usulan kepada para pengikutnya untuk memerangi seluruh umat Islam beraliran Syiah yang ada di Timur Tengah.

Karena ISIS mengklaim mengusung aliran Sunni, gerakan itu sangat memerangi Syiah. Mereka bahkan kerap merendahkan Syiah dengan mengatakannya sebagai kafir.

Kelompok ini berhasil menyergap konvoi pasukan rezim Suriah pada Februari 2021 dan menyebabkan 26 orang tewas. Penyergapan itu terjadi pda dini hari, ketika pasukan rezim tersebut tengah mencari gerilyawan yang terlibat dalam beberapa rangakaian serangan.



Selain menimbulkan korban jiwa dari pihak rezim, ada 11 militan ISIS yang juga dikabarkan meregang nyawa akibat peristiwa ini.

Setahun setelahnya, ISIS juga terlibat bentrok dengan Pasukan Demokratik Suriah (Syrian Democratic Forces/SDF).

Sebanyak 25 orang dinyatakan tewas akibat bentrokan mengerikan yang berawal dari penyerangan ISIS terhadap penjara yang menampung anggotanya.



Sementara itu, kelompok ini juga mengaku sebagai dalang aksi teror di beberapa negara, termasuk Indonesia. Serangan bom di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat pada 2016, misalnya.

Kejadian mengerikan itu menewaskan 8 orang dan belasan lainnya luka-luka, tak terkecuali anggota polisi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0978 seconds (0.1#10.140)