Kenapa Rusia Bersahabat dengan Indonesia? Ini Penjelasannya

Jum'at, 16 September 2022 - 19:01 WIB
loading...
Kenapa Rusia Bersahabat dengan Indonesia? Ini Penjelasannya
Presiden Jokowi bertemu langsung dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di di Istana Kremlin, Kamis, 30 Juni 2022. Foto/Dok.MPI
A A A
JAKARTA - Rusia merupakan salah negara maju yang memiliki pengaruh cukup besar di dunia. Dalam perkembangannya, Moskow memang kerap terlibat dalam berbagai konflik dengan negara-negara lain.

Terbaru, Rusia melakukan invasi terhadap Ukraina sejak Februari 2022 lalu. Alih-alih segera selesai, Vladimir Putin justru tetap bersikukuh terhadap statusnya di Ukraina meski telah menghadapi rentetan sanksi dari dunia internasional.

Bukannya takut, Rusia justru menyerang balik para negara yang memberlakukan sanksi terhadapnya. Beberapa waktu yang lalu, Kremlin sempat merilis daftar negara yang dianggap tidak bersahabat.

Dalam daftar tersebut, Indonesia diketahui tidak masuk di dalamnya. Selain itu, di sosial media sendiri cukup banyak terlihat warganet Indonesia yang mendukung Rusia.

Lantas, mengapa Rusia tampak lebih bersahabat dengan Indonesia?

Baca: Putin-Sekjen PBB Telponan, Apa yang Dibicarakan?

Dikutip dari laman Setkab RI, dalam pertemuan antara Vladimir Putin dan Presiden Joko Widodo pada 18 Mei 2016, Putin pernah menyebut bahwa Moskow dan Indonesia telah terikat oleh hubungan lama dan dekat sejak era Presiden Soekarno.

“Saya ingin mencatat bahwa Rusia dan Indonesia dihubungkan oleh hubungan yang sudah lama dan erat. Asal mereka adalah sahabat tulus negara ini, Presiden Indonesia Soekarno,” kata Putin di kediamannya di Bucherov Rucey, Sochi, Rusia seperti dilansir dari laman Setkab RI.

Lebih lanjut, Putin juga mengatakan bahwa dia bersama Jokowi mengingat kala Presiden Soekarno di tahun 1956 mengunjungi Sochi untuk bertemu dengan pimpinan Uni Soviet. Selain itu, kedua negara ini juga telah menyepakati sejumlah bantuan sistematis untuk menciptakan hubungan yang menguntungkan dan memperdalam investasi dan kerjasama industri.

Dikutip dari laman SCMP, ketika bertanya mengenai hubungan antara Indonesia dan Rusia, keduanya telah memiliki sejarah erat yang bermula ketika Uni Soviet mendukung kemerdekaan Indonesia 1945.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2463 seconds (11.97#12.26)