Dibuat 3 Dekade Lalu, Begini Keunikan Peti Mati Ratu Elizabeth II

Selasa, 13 September 2022 - 18:12 WIB
loading...
Dibuat 3 Dekade Lalu, Begini Keunikan Peti Mati Ratu Elizabeth II
Peti mati Ratu Elizabeth II dibuat lebih dari 3 dekade lalu dan memiliki sejumlah keunikan tersendiri. Foto/thesquadron.in
A A A
JAKARTA - Peti mati Ratu Elizabeth II akan disemayamkan di London, Inggris selama empat hari menjelang dimakamkan pada 19 September mendatang. Peti mati tertutup itu nantinya akan ditempatkan di atas panggung - sebuah catafalque - di dalam Westminster Hall mulai Rabu setelah dibawa dari Skotlandia di mana Ratu meninggal pada hari Kamis.

Untuk diketahui, peti mati Ratu Elizabeth II itu memiliki keunikan tersendiri. Peti mati itu dikatakan dibuat lebih dari tiga dekade lalu.

Berbicara tentang peti mati, pemilik Leverton & Sons, Andrew Leverton, mengatakan kepada AFP: "Ini bukan sesuatu yang bisa Anda buat dalam sehari," seperti dilansir dari Hindustan Times, Selasa (13/9/2022).

Berikut rincian lebih lanjut tentang keunikan peti mati Ratu Elizabeth II.

Baca: Raja Inggris Charles Janji Ikuti Contoh yang Diberikan Ibunya, Ratu Elizabeth II

1. Terbuat dari Kayu Ek Inggris dan Berlapis Timah

Peti mati Ratu Elizabeth II terbuat dari kayu ek Inggris yang dibuat setidaknya 32 tahun lalu dan dilapisi dengan timah sesuai dengan kebiasaan keluarga kerajaan. Lapisan timah membantu tubuh untuk bertahan lebih lama setelah penguburan di bawah tanah. Timbal dikatakan membuat peti mati kedap udara, sehingga membantu mencegah masuknya uap air.

Peti ini cocok dengan peti lain yang dibuat untuk mendiang suami ratu, Pangeran Philip, yang meninggal tahun lalu dan dikebumikan di ruang bawah tanah di mana dia akan segera dimakamkan di sampingnya.

2. Pengusung Jenazah

Karena lapisan timah membuat peti mati lebih berat, untuk mengangkat peti mati Ratu Elizabeth II, dibutuhkan delapan pengusung jenazah.

3. Pembuat Peti Mati

Direktur Pemakaman Keluarga Kerajaan Inggris, Leverton & Sons, mengatakan mereka mewarisi peti mati pada tahun 1991 dan tidak yakin dengan pencipta peti mati.

Baca: Silsilah Kerajaan Inggris dari Awal Hingga Sekarang

4. Fitur Unik Peti Mati Kerajaan

Tutup peti mati telah dibuat secara khusus untuk memuat perlengkapan yang tak ternilai dengan aman seperti Mahkota Negara Bagian, bola, dan tongkat kerajaan. AFP melaporkan, pegangan kuningan khusus juga telah dibuat untuk peti mati kerajaan.

Di mana Ratu Elizabeth II akan dimakamkan?

Peti mati Ratu Elizabeth II mirip dengan yang dibuat untuk mendiang suami raja, Pangeran Philip, yang meninggal tahun lalu. Pangeran Philip dimakamkan di Kapel Memorial Raja George VI di Kapel St. George di Windsor dan Ratu Elizabeth akan segera dimakamkan di sampingnya.

Baca: Raja Charles III Ternyata Pelajari Al-Qur'an, Apa Pandangannya tentang Islam?

(ian)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1480 seconds (10.55#12.26)