Zelensky: Kesedihan Mendalam Kami atas Meninggalnya Ratu Elizabeth II

Jum'at, 09 September 2022 - 14:10 WIB
loading...
Zelensky: Kesedihan Mendalam Kami atas Meninggalnya Ratu Elizabeth II
Zelensky: Kesedihan Mendalam Kami atas Meninggalnya Ratu Elizabeth II. FOTO/Metro.co.uk
A A A
KIEV - Seperti sejumlah pemimpin dunia lain, Pemimpin Ukraina Volodymyr Zelensky juga menyatakan ungkapan duka cita atas meninggalnya Ratu Elizabeth II . Sejak pecahnya perang Rusia-Ukraina, Ratu Elizabeth II telah menyataka simpatinya pada rakyat Ukraina.

Salah satu pesan resmi terakhir yang Ratu Elizabeth II keluarkan selama masa pemerintahannya adalah untuk memberi penghormatan kepada orang-orang Ukraina.



"Dengan kesedihan yang mendalam kami mengetahui kematian Yang Mulia Ratu Elizabeth II,” tulis Zelensky di akut Twitter-nya, seperti dikutip dari Reuters.

“Atas nama rakyat, kami menyampaikan belasungkawa yang tulus kepada @RoyalFamily, seluruh Inggris dan Persemakmuran atas kehilangan yang tidak dapat diperbaiki ini. Pikiran dan doa kami menyertai Anda,” lanjut Zelensky.

Bulan lalu, Ratu Elizabeth II menandai hari kemerdekaan Ukraina dengan penghormatan yang menyentuh bagi bangsa dan rakyatnya. Saat itu, Ratu Elizabeth menulis: 'Dengan senang hati saya mengirim Yang Mulia dan orang-orang Ukraina salam terhangat saya pada perayaan Hari Kemerdekaan Anda.

“Di tahun yang paling menantang ini, saya berharap hari ini akan menjadi waktu bagi orang-orang Ukraina, baik di Ukraina maupun di seluruh dunia, untuk merayakan budaya, sejarah, dan identitas mereka. Semoga kita melihat ke waktu yang lebih baik di masa depan,” lanjut pernyataan itu.



Istana Buckingham mengumumkan wafatnya Ratu Elizabeth II pada Kamis (8/9/2022) malam waktu setempat: "Sang Ratu meninggal dengan tenang di Balmoral sore ini. Raja dan Permaisuri akan tetap di Balmoral malam ini dan akan kembali ke London besok," lanjut pengumuman itu.

Charles, yang sekarang akan dikenal sebagai Raja Charles III, memberikan pernyataan suram saat memimpin bangsa dalam berkabung malam ini.

“Kematian ibu tercinta saya, Yang Mulia Ratu, adalah saat kesedihan terbesar bagi saya dan semua anggota keluarga saya,” kata Charles.



“Kami sangat berduka atas meninggalnya seorang penguasa yang disayangi dan seorang ibu yang sangat dicintai. Saya tahu kehilangannya akan sangat dirasakan di seluruh negeri, Alam dan Persemakmuran, dan oleh banyak orang di seluruh dunia,” lanjutnya.

Rencana pemakaman Ratu Elizabeth II tengah disiapkan oleh pihak Kerajaan Inggris. Ratu Elizabeth II dilaporkan akan dikebumikan di sebuah kapel kecil, di mana orang tuanya juga dimakamkan.

(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2093 seconds (0.1#10.140)