Kerajaan Umumkan Raja Baru Charles III Penguasa Inggris

Jum'at, 09 September 2022 - 03:03 WIB
loading...
Kerajaan Umumkan Raja Baru Charles III Penguasa Inggris
Kerajaan umumkan raja baru Charles III penguasa Inggris. Foto/New York Post
A A A
LONDON - Putra Ratu Elizabeth II, Charles, kini menjadi raja baru Kerajaan Inggris setelah sang ibu meninggal dunia pada Kamis sore waktu setempat atau Jumat (9/9/2022). Pihak kerajaan mengumumkan bahwa raja baru Inggris akan dikenal sebagai Raja Charles III.

Hal tersebut telah dikonfirmasi oleh Clarence House seperti dikutip dari Al Jazeera.

"Raja baru Inggris akan dikenal sebagai Raja Charles III," demikian keterangan Clarence House.

Charles adalah pewaris terlama dalam sejarah Inggris, peran yang ia ambil pada usia tiga tahun ketika ibunya menjadi Ratu pada tahun 1952. Dikutip dari BBC, dia akan menjadi orang tertua yang menjadi Raja dalam sejarah Inggris karena bertakhta pada usia 73 tahun.



Sebelumnya Istana Buckingham mengumumkan bahwa Ratu Elizabeth II telah meninggal dunia di Istana Balmoral, Skotlandia. Ratu Elizabeth II meninggal dunia dikelilingi oleh keluarganya, seperti Pangeran Charles dan istrinya Camilla, Pangeran William, putra tertua Charles, dan Pangeran Harry, yang melakukan perjalanan ke rumah liburan musim panas ratu di Kastil Balmoral di Skotlandia untuk menemaninya.

“Sang Ratu meninggal dengan tenang di Balmoral sore ini. Raja dan Permaisuri akan tetap berada di Balmoral malam ini dan akan kembali ke London besok," tulis akun Twitter Istana Buckingham pada Kamis sore.

Sedangkan sebelumnya, pada Kamis pagi, Istana Buckingham mengumumkan bahwa Ratu Elizabeth II telah ditempatkan di bawah pengawasan medis karena para dokter “memperhatikan kesehatan Yang Mulia.”

Dalam keterangan resmi atas meninggalnya Ratu Elizabeth, Charles tidak bisa menyembunyikan rasa berkabungnya yang mendalam dengan menyebutnya sebagai momen kesedihan yang terbesar.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1282 seconds (0.1#10.140)