Senyum Ratu Elizabeth II di Foto Terakhir Saat Menjamu PM Baru Inggris

Jum'at, 09 September 2022 - 08:40 WIB
loading...
Senyum Ratu Elizabeth II di Foto Terakhir Saat Menjamu PM Baru Inggris
Senyum Ratu Elizabeth II di Foto Terakhir Saat Menjamu PM Baru Inggris. FOTO/Reuters
A A A
LONDON - Senyum Ratu Elizabeth II terekam dalam foto terakhir yang dipublikasikan ke publik. Foto itu diambil pada Selasa (6/9/2022), saat Ratu menjamu Perdana Menteri Inggris yang baru, Liz Truss.

Pertemuan di Balmoral itu merupakan kali pertama Ratu menggelar acara di luar London atau Windsor. Dia telah dipindahkan ke Balmoral di bulan-bulan terakhirnya, di tengah kekhawatiran akan mobilitas Ratu.

Baca: Ratu Elizabeth II Akan Dimakamkan Berdampingan dengan Pangeran Philip

Foto-foto yang kini ditatap sedih oleh warga Inggris, menunjukkan Ratu Elizabeth II berseri-seri saat dia menyapa Truss, Perdana Menteri Inggris ke-15 yang dia tunjuk selama masa pemerintahannya.

Dalam foto itu terlihat Yang Mulia menggunakan tongkatnya untuk menjaga keseimbangannya berdiri. Namun, ia tetap semangat untuk upacara tradisional "ciuman tangan".

Seorang juru bicara istana mengatakan: "Ratu menerima Anggota Parlemen Elizabeth Truss yang Terhormat Hari ini dan memintanya untuk membentuk pemerintahan baru.

"Ms Truss menerima tawaran Yang Mulia dan mencium tangan saat pengangkatannya sebagai Perdana Menteri dan Tuan Pertama Perbendaharaan," lanjut pernyataan itu.

Baca: Dampingi Raja Charles III, Camilla Akan Dinobatkan sebagai Permaisuri

Mantan PM Boris Johnson sebelumnya telah bertemu dengan Ratu untuk secara resmi menawarkan pengunduran dirinya dalam obrolan 40 menit - meskipun ini tidak tertangkap kamera.

Malam ini, dalam sebuah pernyataan suram, dipastikan bahwa Yang Mulia Elizabeth II, penguasa terlama dalam sejarah kerajaan Inggris, telah meninggal dunia. Istana Buckingham mengumumkan: "Sang Ratu meninggal dengan tenang di Balmoral sore ini.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2609 seconds (10.101#12.26)