10 Fakta Mengejutkan Ratu Elizabeth II yang Tidak Diketahui

Jum'at, 09 September 2022 - 05:40 WIB
loading...
10 Fakta Mengejutkan Ratu Elizabeth II yang Tidak Diketahui
Ratu Elizabeth II meninggal dunia pada Jumat (9/9/2022) dalam usia 96 tahun. Foto/medium
A A A
JAKARTA - Keluarga kerajaan Inggris berdukaatas meninggalnyaRatu Elizabeth II. Ia mengembuskan nafas terakhirnya di Kastil Balmoral, Skotlandia dalam usia 96 tahun setelah memerintah selama 70 tahun.

Sepanjang hidupnya, ada sejumlah fakta yang tidak diketahui oleh masyarakat umum. Berikut adalah 10 fakta mengejutkan tentang kehidupan Ratu Elizabeth II seperti dikutip dari The Associated Press, Jumat (9/9/2022).

1. Raja Tertua dan Terlama dalam Sejarah Inggris

Ratu Elizabeth II, yang menandai 70 tahun bertakhta pada tahun ini, adalah raja tertua dan terlama dalam sejarah Inggris. Pada September 2015 ia melampaui nenek buyutnya Ratu Victoria, yang memerintah selama 63 tahun tujuh bulan.

Pada tahun 2016, Ratu Elizabeth II juga menjadi raja yang paling lama memerintah di dunia dengan kematian Raja Bhumibol Adulyadej dari Thailand. Pada tahun 2022, ia menjadi raja terlama kedua dalam sejarah dunia, di belakang Raja Prancis abad ke-17 Louis XIV, yang naik takhta pada usia 4 tahun.

Selain Elizabeth dan Victoria, hanya empat raja lain dalam sejarah Inggris yang memerintah selama 50 tahun atau lebih yaitu George III (59 tahun), Henry III (56 tahun), Edward III (50 tahun) dan James VI dari Skotlandia (58 tahun).

2. Sekolah di Rumah (Home Schooling)

Seperti kebanyakan kaum bangsawan pada masanya dan sebelumnya, Ratu Elizabeth II tidak pernah bersekolah di sekolah umum dan tidak pernah bertemu dengan siswa lain. Sebaliknya, dia dididik di rumah bersama Margaret, adik perempuannya.

Di antara mereka yang mengajarinya adalah ayahnya, bersama dengan seorang guru senior di Eton College, beberapa pengasuh Prancis dan Belgia yang mengajarinya bahasa Prancis, serta Uskup Agung Canterbury, yang mengajarinya tentang agama.

Sekolah Ratu Elizabeth II juga termasuk belajar berkuda, berenang, menari dan belajar seni rupa serta musik.



3. Nomor 230873

Selama Perang Dunia II, Putri Elizabeth muda secara singkat dikenal sebagai No. 230873, Subaltern Kedua Elizabeth Alexandra Mary Windsor dari Auxiliary Transport Service No. 1.

Setelah berbulan-bulan berusaha mendapatkan izin orang tuanya agar dapat melakukan sesuatu untuk upaya perang, pewaris takhta Inggris itu akhirnya belajar cara mengemudi dan melayani ambulans serta truk. Dia naik ke pangkat Komandan Junior kehormatan dalam beberapa bulan.

4. Peniru yang Hebat

Ratu Elizabeth II sering memberi kesan sikap yang serius, dan banyak yang mencatat "poker face" -nya, tetapi mereka yang mengenalnya menggambarkannya sebagai sosok yang memiliki selera humor yang nakal dan bakat untuk meniru di perusahaan swasta.

Rowan Williams, mantan Uskup Agung Canterbury, mengatakan bahwa ratu bisa sangat lucu secara pribadi dan tidak semua orang menghargai betapa lucunya dia.

Uskup Michael Mann, pendeta domestik raja, pernah berkata bahwa Ratu Elizabeth yang meniru pendaratan Concorde adalah salah satu hal terlucu yang bisa Anda lihat. Ian Paisley, pendeta dan politisi Irlandia Utara, juga mencatat bahwa Ratu Elizabeth adalah "peniru yang hebat" dari dirinya.

Baru-baru ini, dia menunjukkan sisi nakalnya selama perayaan Platinum Jubilee, ketika dia membintangi video komik bersama animasi Paddington Bear dan berbicara tentang menyembunyikan sandwich selai jeruk di dompetnya.

5. Pembayar Pajak

Dia mungkin ratu, tetapi dia juga membayar pajak setidaknya sejak 1992.

Ketika Kastil Windsor, kediaman akhir pekan ratu, dirusak oleh kebakaran pada tahun 1992, masyarakat memberontak untuk tidak membayar jutaan pound untuk perbaikannya.

Tapi dia secara sukarela setuju untuk membayar pajak atas penghasilan pribadinya. Dia mengatakan dia akan memenuhi 70 persen dari biaya pekerjaan restorasi, dan dia juga memutuskan untuk membuka rumahnya di Istana Buckingham untuk umum untuk pertama kalinya guna menghasilkan dana tambahan dari biaya masuk.



6. Dikenal sebagai Lilibet Kecil

Ratu dibaptis Elizabeth Alexandra Mary Windsor dari York, untuk menghormati ibunya, nenek dari pihak ayah dan nenek buyut dari pihak ayah. Tetapi sebagai seorang anak, dia dikenal sebagai Lilibet muda oleh keluarganya — dikatakan karena dia tidak bisa mengucapkan "Elizabeth" dengan benar.

Dalam sebuah surat kepada neneknya Ratu Mary, putri muda itu menulis: “Nenek tersayang. Terima kasih banyak untuk jersey kecil yang indah. Kami senang menginap di Sandringham bersama Anda. Saya kehilangan gigi depan atas kemarin pagi," sebelum menandatangani suratnya dengan kata-kata, "Cinta dari Lilibet."

Julukan itu semakin dikenal luas setelah Pangeran Harry dan Meghan, Duchess of Sussex, menamai putri mereka Lilibet Diana pada 2021.

7. Sosok yang Setia

Elizabeth dan suaminya Pangeran Philip menikmati hubungan yang stabil selama lebih dari 70 tahun, sebuah pernikahan yang jauh melampaui pernikahan tiga dari empat anaknya: Charles, Anne dan Andrew.

"Dia telah menjadi kekuatanku dan bertahan selama ini," kata Ratu Elizabeth tentang Pangeran Philip pada ulang tahun pernikahan ke-50 mereka.

Kisah mereka dimulai pada tahun 1939, ketika Pangeran Philip dari Yunani, seorang kadet angkatan laut yang tampan berusia 18 tahun, ditugaskan untuk menghibur Elizabeth yang berusia 13 tahun selama sehari. Beberapa tahun kemudian, Philip diundang untuk bergabung dengan keluarga kerajaan di Kastil Windsor saat Natal, dan dia segera menanyakan apakah dia akan dianggap sebagai pelamar yang memenuhi syarat.

Pasangan itu menikah di Westminster Abbey pada tahun 1947. Ketika Pangeran Philip meninggal pada tahun 2021 dalam usia 99, Ratu Elizabeth menggambarkan kepergiannya sebagai meninggalkan "kekosongan besar" dalam hidupnya, menurut putra mereka, Andrew.



8. Memiliki Hari Ulang Tahun Ganda

Ratu Elizabeth II lahir pada 21 April 1926, namun terkadang masyarakat bingung untuk mengetahui kapan harus merayakannya.

Tidak ada hari yang ditetapkan secara universal untuk "ulang tahun resmi" - itu adalah hari Sabtu pertama, kedua atau ketiga di bulan Juni, dan diputuskan oleh pemerintah.

Di Australia, ulang tahunnya dirayakan pada hari Senin kedua bulan Juni, sedangkan di Kanada, dirayakan pada hari Senin baik pada atau sebelum tanggal 24 Mei, hari ulang tahun Ratu Victoria.

Hanya ratu dan orang-orang terdekatnya yang merayakan ulang tahunnya yang sebenarnya dalam pertemuan pribadi.

9. Pecinta Anjing Corgi

Diketahui secara luas bahwa Ratu Elizabeth menyukai corgi. Mendiang Putri Diana dilaporkan menyebut anjing-anjing itu sebagai "karpet bergerak" ratu karena mereka menemaninya ke mana-mana.

Dia memiliki lebih dari 30 ekor anjing corgi selama bertahun-tahun. Dia juga memiliki dua "dorgis" - persilangan dachshund dan corgi - bernama Candy dan Vulcan.

Ratu Elizabeth II difoto memeluk salah satu anjing pada 1936 di usia 10 tahun, dan diberi corgi bernama Susan untuk ulang tahunnya yang ke-18. Trah anjing ini diperkenalkan ke keluarga kerajaan oleh ayahnya, Raja George VI, pada tahun 1933, ketika dia membeli seekor corgi jantan bernama Dookie dari kennel lokal.

Sebagai ratu, ia juga secara teknis memiliki ribuan angsa bisu di perairan terbuka Inggris, dan memiliki hak untuk mengklaim semua ikan sturgeon, paus, dan lumba-lumba, menurut undang-undang dari tahun 1324.



10. Jadi Subjek Lagu-lagu Pop

Sang ratu mau tidak mau menjadi subjek lagu-lagu pop.

The Beatles mengabadikan "Yang Mulia" dengan cara yang ironis, memanggilnya "gadis yang cukup baik" meskipun "dia tidak punya banyak hal untuk dikatakan." Lagu singkat itu dinyanyikan oleh Paul McCartney dan direkam pada tahun 1969, muncul di akhir album Abbey Road.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0965 seconds (0.1#10.140)