Reaksi Para Pemimpin Dunia Atas Meninggalnya Ratu Elizabeth II

Jum'at, 09 September 2022 - 01:58 WIB
loading...
Reaksi Para Pemimpin Dunia Atas Meninggalnya Ratu Elizabeth II
Para pemimpin dunia menyampaikan ucapan belasungkawa atas meninggalnya Ratu Elizabeth II. Foto/Toronto Star
A A A
LONDON - Sejumlah pemimpin dunia dan organisasi internasional menyampaikan ucapan belasungkawa atas meninggalnya Ratu Elizabeth II. Raja terlama dalam sejarah Kerajaan Inggris itu meninggal dunia dalam usia 96 tahun pada Jumat (9/9/2022).

Ratu Elizabeth II meninggal dunia dikelilingi oleh keluarganya, seperti Pangeran Charles dan istrinya Camilla, Pangeran William, putra tertua Charles, dan Pangeran Harry, yang melakukan perjalanan ke rumah liburan musim panas ratu di Kastil Balmoral di Skotlandia untuk menemaninya.

“Sang Ratu meninggal dengan tenang di Balmoral sore ini. Raja dan Permaisuri akan tetap berada di Balmoral malam ini dan akan kembali ke London besok," tulis akun Twitter keluarga kerajaan pada Kamis sore seperti dikutip dari Toronto Star, Jumat (9/9/2022).

Sebelumnya, pada Kamis pagi, Istana Buckingham mengumumkan bahwa Ratu Elizabeth II telah ditempatkan di bawah pengawasan medis karena para dokter “memperhatikan kesehatan Yang Mulia.”

Para pemimpin di seluruh dunia pun bereaksi terhadap berita kematian Ratu Elizabeth II.

Perdana Menteri Justin Trudeau mengatakan dalam sebuah tweet: "Dia adalah kehadiran konstan dalam hidup kita - dan layanannya kepada Kanada akan selamanya tetap menjadi bagian penting dari sejarah negara kita."

Yair Lapid, perdana menteri Israel, mentweet: “Dia meninggalkan warisan kepemimpinan dan pelayanan yang tak tertandingi. Semoga ingatannya menjadi berkah.”



Presiden Finlandia Sauli Niinist mengatakan dalam sebuah tweet: “Dalam 70 tahun pemerintahannya dia menyaksikan dan membentuk sejarah seperti beberapa orang lainnya. Rasa kewajiban dan pengabdiannya pada pelayanan adalah contoh bagi kita semua.”

Sebuah tweet dari Gubernur Jenderal berbunyi: “Warga Kanada di seluruh negeri akan berduka atas kehilangan Ratu. Mari kita luangkan waktu sejenak untuk menghormati ingatan Yang Mulia dengan cara kita masing-masing.”
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1796 seconds (0.1#10.140)