Putin: Rusia Mendapatkan Keuntungan dari Konflik di Ukraina

Rabu, 07 September 2022 - 17:58 WIB
loading...
Putin: Rusia Mendapatkan...
Putin: Rusia Mendapatkan Keuntungan dari Konflik di Ukraina. FOTO/Reuters
A A A
VLADIVOSTOK - Presiden Vladimir Putin mengatakan pada Rabu (7/9/2022), bahwa Rusia telah memperoleh keuntungan, bukan kalah, dari konflik di Ukraina . Menurut Putin, Rusia sedang memulai jalur kedaulatan baru yang akan memulihkan pengaruh globalnya.

Seperti dilaporkan Reuters, Putin semakin menyebut konflik di Ukraina, yang ia sebut sebagai "operasi militer khusus", sebagai titik balik dalam sejarah, ketika Rusia akhirnya melepaskan penghinaan yang menyertai kejatuhan Uni Soviet pada 1991.



Dalam Forum Ekonomi Timur di kota Vladivostok, Rusia, Putin mengatakan bahwa Barat gagal, sementara Asia adalah masa depan. Dalam pidato utamanya, Putin hampir tidak menyebut Ukraina di luar referensi ekspor biji-bijian.

Tetapi, ketika ditanya oleh seorang moderator apakah ada yang hilang dari konflik tersebut, Putin mengatakan Rusia telah memperoleh dan akan muncul kembali.

"Kami tidak kehilangan apa pun dan tidak akan kehilangan apa pun," kata Putin. "Segala sesuatu yang tidak perlu, berbahaya, dan segala sesuatu yang menghalangi kami untuk maju akan ditolak," tandasnya.

"Dalam hal apa yang telah kami peroleh, saya dapat mengatakan bahwa keuntungan utama adalah penguatan kedaulatan kami, dan ini adalah hasil yang tak terhindarkan dari apa yang terjadi sekarang," kata Putin. "Ini pada akhirnya akan memperkuat negara kita dari dalam," lanjutnya.



Namun, dia mengakui bahwa konflik tersebut telah melepaskan "polarisasi tertentu" baik di dunia maupun di Rusia.

Rusia mengirim puluhan ribu tentara ke Ukraina pada 24 Februari dalam apa yang disebutnya operasi khusus untuk menurunkan kemampuan militer tetangga selatannya dan membasmi orang-orang yang disebutnya nasionalis berbahaya.

Penilaian Putin atas keuntungan Rusia tidak memperhitungkan peningkatan besar pasukan NATO di Eropa timur dan rencana masuknya Swedia dan Finlandia sebagai anggota. Mencegah ekspansi NATO adalah salah satu tujuannya untuk melakukan intervensi di Ukraina.

Putin juga menepis dampak sanksi yang telah membuat industri Rusia kekurangan komponen utama seperti microchip dan memutus Rusia dari sistem pembayaran internasional dan menyebabkan kepergian ribuan perusahaan Barat.

“Ekonomi akan berkontraksi "sekitar 2% atau lebih sedikit" tahun ini dan anggaran akan surplus,” kata Putin. Ia juga menegaskan, Barat gagal karena upaya yang sia-sia dan agresif untuk mengisolasi Rusia dengan sanksi menghancurkan ekonomi global saat Asia bangkit untuk mengklaim masa depan.



AS dan sekutunya memberlakukan sanksi paling berat dalam sejarah modern terhadap Rusia atas tindakannya di Ukraina. Putin mengatakan sanksi itu mirip dengan deklarasi perang ekonomi.

"Saya berbicara tentang demam sanksi Barat, dengan upaya agresif dan berani untuk memaksakan model perilaku di negara lain, untuk merampas kedaulatan mereka dan menundukkan mereka pada kehendak mereka," kata Putin.

"Dalam upaya untuk melawan jalannya sejarah, negara-negara Barat merusak pilar utama sistem ekonomi dunia yang dibangun selama berabad-abad," katanya, seraya menambahkan bahwa kepercayaan terhadap dolar, euro, dan sterling sedang jatuh.

(esn)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1940 seconds (0.1#10.140)