Ukraina Seru Warga Crimea Siapkan Tempat Berlindung, Isyarat Serangan Besar?

Selasa, 06 September 2022 - 15:21 WIB
loading...
Ukraina Seru Warga Crimea Siapkan Tempat Berlindung, Isyarat Serangan Besar?
Asap membumbung dari ledakan di desa Novofedorovka, Crimea. Foto/RIA
A A A
KIEV - Kiev telah mengeluarkan peringatan kepada orang-orang yang tinggal di apa yang disebutnya "wilayah pendudukan," termasuk Crimea, untuk mempersiapkan tempat berlindung dan menimbun persediaan.

Peringatan itu diposting ke Twitter pada Senin (5/9/2022) oleh seorang penasihat Presiden Ukraina Vladimir Zelensky, Mikhail Podolyak.

Mikhail Podolyak mendesak “penduduk wilayah pendudukan, termasuk semenanjung Crimea, untuk mengikuti rekomendasi pejabat selama tindakan de-pendudukan.”

“Lebih jauh lagi, orang-orang harus mempersiapkan tempat perlindungan bom, menimbun air dalam jumlah yang cukup, dan mengisi daya bank listrik sekarang juga,” ujar dia.

Baca juga: Ikut Perang Bela Ukraina, Pria Israel Dibunuh Tentara Rusia

Podolyak mengakhiri peringatannya dengan kalimat, "Semuanya akan menjadi Ukraina."

Peringatan itu muncul setelah Podolyak mengumumkan pekan lalu bahwa pihak berwenang Ukraina sedang mengembangkan rute evakuasi bagi warga Ukraina yang tinggal di Crimea "yang ingin meninggalkan pulau itu selama de-pendudukan aktif."

Kiev telah berulang kali bersikeras menganggap Crimea, yang menjadi bagian dari Rusia setelah referendum pada tahun 2014, sebagai "wilayah pendudukan".

Ukraina telah bersumpah merebut semenanjung itu "dengan cara apa pun yang diperlukan."

Aliansi NATO yang dipimpin Amerika Serikat (AS) juga menganggap Crimea sebagai wilayah Ukraina yang "dicaplok secara ilegal".
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1461 seconds (10.55#12.26)