Pulang dari AS, Kapal Induk HMS Prince of Wales Inggris Rusak

Senin, 29 Agustus 2022 - 07:43 WIB
loading...
Pulang dari AS, Kapal Induk HMS Prince of Wales Inggris Rusak
Kapal induk HMS Prince of Wales Angkatan Laut Kerajaan Inggris rusak setelah berlayar untuk misi penting di Amerika Serikat. Foto/Royal Navy/via Sky News
A A A
LONDON - Kapal induk HMS Prince of Wales Angkatan Laut Kerajaan Inggris mengalami kerusakan di lepas pantai selatan. Itu terjadi tak lama setelah ia berlayar ke Amerika Serikat (AS) untuk misi penting.

Juru bicara Angkatan Laut mengatakan HMS Prince of Wales mengalami masalah mekanis. Kerusakannya sedang diselidiki.

Kapal induk senilai 3 miliar poundsterling, yang baru beroperasi penuh tahun lalu, dilaporkan berlabuh di tenggara Isle of Wight saat penyelidikan tentang kerusakannya sedang dilakukan.

"HMS Prince of Wales tetap berada di Area Latihan Pantai Selatan saat dilakukan penyelidikan terhadap masalah mekanis yang muncul," kata juru bicara Angkatan Laut Kerajaan Inggris.

Baca juga: Dua Kali Bocor dan Kebanjiran, Kapal Induk Inggris Rp61,8 Triliun Beroperasi Lagi

Masalah ini pertama kali dilaporkan oleh UK Defense Journal, sebuah situs berita online yang berfokus pada masalah pertahanan, yang mengutip laporan yang belum dikonfirmasi tentang kerusakan pada poros baling-baling kanan.

Situs berita pertahanan lainnya, Navy Lookout, mengatakan kapal induk berbobot 65.000 ton itu mengalami kerusakan teknis yang signifikan.

“Jika masalah ini terbukti serius, tak perlu dikatakan bahwa ini sangat disayangkan dan tidak terlihat bagus untuk RN [Royal Navy],” tulis media tersebut, seperti dikutip Sky News, Senin (29/8/2022).

Kapal induk itu sebelumnya telah berlayar dari Portsmouth untuk apa yang digambarkan oleh Angkatan Laut Kerajaan Inggris sebagai misi untuk membentuk masa depan operasi jet siluman dan drone di lepas pantai Amerika Utara dan di Karibia.

Pelayaran itu diatur untuk mengunjungi New York, Halifax di Kanada dan Karibia, dengan mengoperasikan jet tempur siluman F-35 generasi kelima dari geladak serta drone.

Komandan kapal, Kapten Richard Hewitt, mengatakan dalam sebuah pernyataan untuk menandai keberangkatan--dan sebelum kerusakan mekanis muncul: "Membawa kelompok tugas HMS Prince of Wales melintasi Atlantik untuk sisa tahun ini tidak hanya akan mendorong batas-batas operasi kapal induk Inggris, tetapi akan memperkuat hubungan kerja dekat kita dengan sekutu terdekat kita."

“Dari mengoperasikan F-35 Lightnings dan drone hingga menjadi tuan rumah Atlantic Future Forum, semua ini tidak akan mungkin terjadi tanpa upaya para pelaut yang luar biasa di atas kapal, banyak di antaranya berada di penempatan pertama mereka dengan Royal Navy," paparnya.

HMS Prince of Wales, yang mengepalai kelompok tugas kapal induk, dikerahkan dengan fregat, tanker, serta kelompok udara helikopter dan drone.
(min)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1943 seconds (11.210#12.26)