Ukraina Berencana Seret Putin dan Komandan Militer Rusia ke Pengadilan

Jum'at, 26 Agustus 2022 - 05:30 WIB
loading...
Ukraina Berencana Seret Putin dan Komandan Militer Rusia ke Pengadilan
Ukraina Berencana Seret Putin dan Komandan Militer Rusia ke Pengadilan. FOTO/TASS
A A A
KIEV - Enam bulan setelah invasi Rusia , para pejabat Ukraina menyusun rencana untuk memastikan Presiden Rusia Vladimir Putin dan komandan militernya akan diadili karena melancarkan perang.

Rencana pengadilan internasional khusus untuk menyelidiki dugaan "kejahatan agresi" Rusia dipelopori oleh Andrii Smirnov, Wakil Kepala Administrasi Kepresidenan Ukraina.



Definisi kejahatan agresi diadopsi dalam Statuta Roma 2010, dan gagasan serupa tentang "kejahatan terhadap perdamaian" digunakan dalam persidangan di Nuremberg dan Tokyo setelah Perang Dunia II.

Pengadilan Kriminal Internasional, yang telah mengadili kejahatan paling parah selama 20 tahun terakhir, sudah menyelidiki kejahatan perang, kejahatan terhadap kemanusiaan dan genosida di Ukraina.

Tetapi tidak dapat melihat ke dalam tuduhan agresi, karena baik Ukraina maupun Rusia tidak meratifikasi Statuta Roma.

“Pengadilan ini adalah satu-satunya cara untuk memastikan bahwa para penjahat yang memulai perang Ukraina dimintai pertanggungjawaban dengan cepat," kata Smirnov kepada AFP. "Dunia memiliki ingatan yang pendek. Itu sebabnya saya ingin pengadilan ini mulai bekerja tahun depan," lanjutnya.



Ukraina tahu bahwa terdakwa tidak akan hadir, tetapi pengadilan ini akan berfungsi untuk memastikan bahwa orang-orang ini dicap sebagai penjahat, dan bahwa mereka tidak dapat melakukan perjalanan di dunia yang beradab," katanya.

Jaksa Ukraina telah mengidentifikasi sekitar 600 tersangka dalam agresi sejauh ini, termasuk pejabat senior militer, politisi dan komentator. Sebuah perjanjian internasional untuk mendirikan pengadilan telah dirancang, siap untuk ditandatangani oleh pemerintah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1810 seconds (0.1#10.140)