5 Senjata yang Bisa Memicu Perang Dunia III, 2 di Antaranya Milik Rusia

Senin, 07 Oktober 2024 - 15:13 WIB
loading...
5 Senjata yang Bisa...
ICBM RS-28 Sarmat atau Satan II Rusia, salah satu dari lima senjata mengerikan yang bisa memicu Perang Dunia III. Foto/defencetalk
A A A
JAKARTA - Ada sejumlah senjata yang bisa memicu pecahnya Perang Dunia III. Masing-masing di antaranya memiliki kemampuan daya hancur yang mengerikan.

Negara-negara kuat di dunia saat ini berlomba meningkatkan kemampuan militernya. Tidak hanya membentuk tentara yang kuat, mereka juga mengembangkan persenjataan canggih untuk unggul dalam potensi pertempuran.

Meski berdalih sebagai pencegah agresi asing atau pun pertahanan, pengembangan senjata-senjata tersebut dikhawatirkan bisa menyulut pecahnya Perang Dunia III.



5 Senjata yang Bisa Memicu Perang Dunia III

1. Rudal Satan II


Satan II (Setan II) atau RS-28 Sarmat merupakan salah satu Intercontinental Ballistic Missile (ICBM) andalan Rusia. Ia dirancang untuk menggantikan SS-18 Rusia yang sudah menua dan mulai digarap tahun 2000-an.

RS-28 Sarmat adalah rudal berbahan bakar cair yang diklaim mampu menjangkau jarak 18.000 km dengan berat peluncuran 208,1 metrik ton.

Sebagai Heavy ICBM, Satan II juga bisa membawa muatan sampai 10 ton dengan berbagai pilihan hulu ledak, termasuk nuklir.

Media Rusia menyebut rudal ini dapat membawakan 10 hulu ledak besar, 16 hulu ledak kecil hingga kendaraan hipersonik boost-glide. Sementara itu, ukuran Satan II adalah berdiameter 3 meter dan panjang 35,3 meter.

2. Minuteman III


Minuteman III adalah ICBM milik Amerika Serikat (AS). Rudal ini menjadi satu-satunya ICBM berbasis darat yang dimiliki AS setelah dihapusnya LGM-118 pada 2005.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0987 seconds (0.1#10.140)