4 Negara Pelindung Israel yang Halau Rudal-rudal Iran ke Tel Aviv, Salah Satunya Mayoritas Muslim

Selasa, 08 Oktober 2024 - 17:30 WIB
loading...
4 Negara Pelindung Israel...
Rudal-rudal Iran menghujani wilayah Israel. Foto/anadolu
A A A
TEL AVIV - Terdapat sejumlah negara pelindung Israel yang menghalau rudal-rudal Iran ke Tel Aviv. Salah satunya negara dengan penduduk mayoritas Muslim.

Pada awal Oktober 2024 lalu, Iran telah menembakkan ratusan rudal menuju Israel. Sebagian besar berhasil dicegat, tetapi ada juga yang berhasil masuk menembus sistem pertahanan udara negara Yahudi itu.

Keberhasilan Israel mencegat sebagian rudal Iran tak bisa dilepaskan dari pihak-pihak luar yang ikut membantu. Siapa saja mereka?

Negara Pelindung Israel yang Halau Rudal-rudal Iran

1. Amerika Serikat


Selama ini, Amerika Serikat memang dikenal sebagai sekutu paling setia Israel. Negeri Paman Sam sendiri kembali membantu Tel Aviv ketika diberondong rudal oleh Iran.

Meski wilayahnya jauh, Amerika Serikat tetap memiliki caranya sendiri. Departemen Pertahanan AS melaporkan pihaknya memanfaatkan beberapa aset di Mediterania untuk melindungi Israel dari rudal Iran.

Pada upayanya melindungi wilayah Israel, Amerika Serikat mengerahkan dua kapal perusak kelas Arleigh Burke, USS Cole dan USS Bulkeley, di Mediterania Timur.

Keduanya ditugaskan untuk meluncurkan belasan pencegat ke rudal balistik Iran yang sedang terbang menuju wilayah Israel.

2. Inggris


Selain Amerika Serikat, Inggris juga dikenal sebagai pendukung kuat Israel. Mereka ikut terlibat dalam mencegat rudal Iran yang dikerahkan menuju Tel Aviv.

Politico melaporkan angkatan bersenjata Inggris terlibat dalam sebuah operasi untuk menembak jatuh rudal yang ditembakkan Iran ke Israel pada Selasa (1/10) malam. Hal ini telah dikonfirmasi oleh Menteri Pertahanan Inggris John Healey.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2053 seconds (0.1#10.140)