Perang Ukraina Hanya Bertahan selama 15 Hari Jika...

Senin, 07 Oktober 2024 - 22:05 WIB
loading...
Perang Ukraina Hanya...
Tentara Ukraina diprediksi akan kalah. Foto/Kyiv Post
A A A
MOSKOW - Konflik Ukraina bisa berakhir dalam 15 hari jika Barat berhenti mendukung Kiev. Itu diungkapkan kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa yang akan lengser Josep Borrell.

Dalam sebuah wawancara dengan media Spanyol 20minutos yang diterbitkan pada hari Senin, diplomat itu mengisyaratkan bahwa sementara "banyak" ingin konflik berakhir secepat mungkin, pendukung Barat Ukraina tidak akan senang dengan berakhirnya konflik tersebut sesuai dengan persyaratan Rusia.

Menurut Borrell, jika Uni Eropa dan AS tiba-tiba berhenti membantu Kiev, Ukraina akan dipaksa untuk menyerah.

"Jika kita berhenti mendukung Ukraina, perang akan berakhir dalam lima belas hari dan [Presiden Rusia Vladimir] Putin akan mencapai tujuannya. Tetapi apakah kita menginginkan ini untuk Ukraina, dan untuk keamanan kita sendiri, sebagai orang Eropa?" Borrell bertanya, dengan alasan bahwa yang "penting" adalah bagaimana konflik itu berakhir, bukan kapan.

"Kita harus melakukan segala yang mungkin untuk memastikan bahwa ketika saatnya tiba, negosiasi dapat dilakukan dengan persyaratan yang menguntungkan kedaulatan dan integritas teritorial Ukraina," diplomat utama Uni Eropa, pendukung vokal Kiev, menambahkan. Dia sebelumnya telah berjanji atas nama blok tersebut "untuk mendukung Ukraina dengan apa pun yang diperlukan selama diperlukan."

Borrell akan meninggalkan jabatannya akhir musim gugur ini, untuk digantikan oleh mantan Perdana Menteri Estonia Kaja Kallas, seorang pendukung sanksi yang lebih keras terhadap Moskow.



Menteri Pertahanan Ukraina Rustem Umerov mengatakan bulan lalu bahwa negara itu sekitar 80% bergantung pada bantuan militer Barat untuk terus memerangi Rusia. Pemimpin Ukraina Vladimir Zelensky sering mengkritik negara-negara Barat karena menolak menyediakan semua senjata yang diperlukan untuk melawan Rusia, mengambil keputusan terlalu lama mengenai paket bantuan, dan tidak menyetujui serangan jauh di dalam Rusia dengan senjata yang dipasok Barat.

Rusia telah memperingatkan bahwa bantuan Barat untuk Kiev hanya memperpanjang konflik. Presiden Vladimir Putin sebelumnya mengatakan bahwa militer Ukraina akan runtuh dalam seminggu jika aliran bantuan Barat terputus.

Putin mengisyaratkan awal tahun ini bahwa Moskow siap untuk memulai perundingan damai jika Kiev melepaskan klaimnya terhadap bekas wilayah yang memilih untuk bergabung dengan Rusia, dan membatalkan upayanya untuk bergabung dengan NATO. Namun, setelah dimulainya serangan Kiev ke Wilayah Kursk Rusia pada bulan Agustus, Putin mengesampingkan keterlibatan apa pun dengan Kiev sampai pasukan Ukraina meninggalkan wilayah Rusia.

Kiev saat ini sedang berupaya membujuk para pendukungnya untuk menyetujui apa yang disebut 'rencana kemenangan' Zelensky, yang, menurut laporan media, bertentangan dengan hampir semua tuntutan Rusia.

Rencana tersebut, yang belum dipublikasikan, dilaporkan telah disambut dengan skeptis oleh pejabat Barat, tetapi Zelensky mengatakan pada akhir pekan bahwa ia berencana untuk terus mengajukannya. Mantan Duta Besar Rusia untuk AS Anatoly Antonov sebelumnya menolak 'rencana' tersebut, menyebutnya "terkenal."

(ahm)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0856 seconds (0.1#10.140)