Kissinger: AS 'di Ambang' Perang dengan Rusia dan China

Minggu, 14 Agustus 2022 - 09:03 WIB
loading...
A A A
Sebaliknya, Kissinger berpendapat bahwa AS harus mencari keseimbangan antara dirinya sendiri, Rusia, dan China.



Kissinger kemudian menjelaskan bahwa istilah ini mengacu pada semacam keseimbangan kekuatan, dengan penerimaan legitimasi nilai-nilai yang terkadang bertentangan.

"Karena jika Anda percaya bahwa hasil akhir dari upaya Anda adalah pemaksaan nilai-nilai Anda, maka saya pikir keseimbangan tidak mungkin," ujarnya.

Di bawah Presiden Richard Nixon, Kissinger mengatur penjangkauan diplomatik AS ke China pada 1970-an, sebuah langkah yang bertujuan untuk menjauhkan Beijing dari Moskow dan menggeser keseimbangan kekuatan di dunia menjauh dari Timur komunis.

Di bawah Presiden Joe Biden, AS telah menyaksikan China dan Rusia memperdalam hubungan perdagangan dan diplomatik mereka. Kebijakan AS tentang Taiwan – dengan Joe Biden secara terbuka melanggar ambiguitas Washington era Kissinger tentang kemerdekaan pulau itu dan Ketua DPR Nancy Pelosi membuat marah Beijing dengan kunjungan ke Taipei awal bulan ini – telah semakin merusak hubungan AS dengan China serta mendorong lonjakan aktivitas militer di Selat Taiwan.

Menurut Kissinger, AS tidak lagi dalam posisi berpihak pada Rusia atau China terhadap yang lain.



“Yang bisa Anda lakukan hanyalah tidak mempercepat ketegangan dan menciptakan opsi, dan untuk itu Anda harus memiliki tujuan tertentu,” ucapnya.

Kissinger adalah advokat terkemuka dari sekolah hubungan internasional realpolitik, yang menempatkan kepentingan praktis negara di atas sikap ideologis. Namun, pandangannya yang tidak memihak tentang urusan luar negeri telah membuatnya mendapatkan musuh dan juga pujian.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1307 seconds (0.1#10.140)