Kissinger: AS 'di Ambang' Perang dengan Rusia dan China

Minggu, 14 Agustus 2022 - 09:03 WIB
loading...
Kissinger: AS di Ambang Perang dengan Rusia dan China
Mantan Menteri Luar Negeri AS Henry Kissinger menyebut Washington di ambang perang dengan Moskow dan Beijing. Foto/Ilustrasi
A A A
WASHINGTON - Mantan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Henry Kissinger mengatakan kepada Wall Street Journal (WSJ) bahwa Washington telah menolak diplomasi tradisional, dan dengan tidak adanya pemimpin besar, telah mendorong dunia ke jurang perang atas Ukraina dan Taiwan .

Kissinger sebelumnya menuai kontroversi karena menyarankan agar Kiev menanggalkan beberapa klaim teritorialnya untuk mengakhiri konflik dengan Rusia .

“Kami berada di ambang perang dengan Rusia dan China pada isu-isu yang sebagian kami ciptakan, tanpa konsep apa pun tentang bagaimana ini akan berakhir atau apa yang seharusnya mengarah,” kata Kissinger dalam wawancara yang diterbitkan pada hari Sabtu seperti dikutip dari Russia Today, Minggu (14/8/2022).

Kissinger, sekarang berusia 99 tahun, menguraikan peran Barat dalam konflik Ukraina dalam sebuah buku baru-baru ini yang menggambarkan para pemimpin terkemuka pasca-Perang Dunia II. Dia menggambarkan keputusan Rusia untuk mengirim pasukan ke Ukraina pada bulan Februari termotivasi oleh keamanannya sendiri, karena bergabungnya Ukraina dengan NATO akan memindahkan senjata aliansi tersebut ke dalam jarak 480 km dari Moskow.

Sebaliknya, membiarkan Ukraina secara keseluruhan jatuh di bawah pengaruh Rusia tidak akan banyak membantu untuk menenangkan ketakutan bersejarah Eropa akan dominasi Rusia.



Para diplomat di Kiev dan Washington seharusnya menyeimbangkan kekhawatiran ini, tulisnya, menggambarkan konflik saat ini di Ukraina sebagai hasil dari dialog strategis yang gagal.

Berbicara kepada Wall Street Journal sebulan setelah penerbitan buku itu, Kissinger bersikukuh dengan desakannya bahwa Barat seharusnya menanggapi tuntutan keamanan Presiden Rusia Vladimir Putin dengan serius, dan menjelaskan bahwa Ukraina tidak akan diterima ke dalam aliansi NATO.

Menjelang operasi militernya di Ukraina, Rusia memberi AS dan NATO garis besar tertulis tentang masalah keamanannya, yang ditolak oleh kedua pihak penerima.

Kissinger, yang pada akhir 1960-an dan awal 1970-an mengadakan negosiasi ekstensif dengan komunis Vietnam bahkan ketika militer AS mengobarkan perang melawan mereka, mengatakan bahwa para pemimpin Amerika modern cenderung memandang diplomasi sebagai hubungan pribadi dengan musuh, dan dengan kata-kata yang diparafrasekan oleh Wall Street Journal, cenderung melihat negosiasi dalam istilah misionaris, bukan psikologis, berusaha untuk mengubah atau mengutuk lawan bicara mereka daripada menembus pemikiran mereka.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1229 seconds (0.1#10.140)