China Ingin Reunifikasi Damai dengan Taiwan, tapi....

Sabtu, 30 Juli 2022 - 20:38 WIB
loading...
A A A
Pelosi akan menjadi Ketua DPR pertama AS yang mengunjungi Taiwan sejak kunjungan Newt Gingrich tahun 1997.

Beijing telah mengatakan akan mengambil tindakan tegas dan militernya tidak akan menutup mata jika Pelosi melanjutkan rencana kunjungannya.

Para pakar militer China mengatakan Beijing mungkin mengerahkan kapal induk dan mengumumkan zona larangan terbang dan zona navigasi terbatas untuk latihan militer di dekat Selat Taiwan, yang akan memaksa pesawat Pelosi untuk memutar.

Presiden AS Joe Biden mengatakan bahwa Pentagon yakin perjalanan Pelosi bukanlah “ide yang baik saat ini”, tetapi beberapa anggota Kongres AS mengatakan membatalkan perjalanan itu berarti Washington menyerah pada tekanan Beijing.

Beijing menganggap Taiwan yang memiliki pemerintahan sendiri sebagai provinsi China yang membangkang dan bersumpah akan menggunakan kekuatan untuk menundukannya.

China telah meningkatkan tekanan di pulau itu dalam beberapa tahun terakhir dengan latihan Angkatan Laut intensif dan serangan jet tempur di sekitarnya.

Wang mengatakan konsensus 1992 tidak boleh terdistorsi, atau ditolak. Menurutnya, penolakan konsensus hanya akan menyebabkan ketegangan lintas selat.
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1192 seconds (0.1#10.140)