China Ingin Reunifikasi Damai dengan Taiwan, tapi....

Sabtu, 30 Juli 2022 - 20:38 WIB
loading...
China Ingin Reunifikasi Damai dengan Taiwan, tapi....
Presiden China XI Jinping (kiri) dan Presiden Taiwan Tsai Ing-wen. Foto/REUTERS/Xinhua
A A A
BEIJING - Seorang pejabat tinggi China yang bertanggung jawab atas urusan Taiwan mengatakan Beijing masih mencari reunifikasi damai dengan Taiwan. Tapi, Beijing memperingatkan orang-orang di Taipei agar tidak mengandalkan kekuatan asing untuk mencari kemerdekaan.

Wang Yang, pejabat peringkat 4 dalam hierarki Partai Komunis China, mengeluarkan peringatan tersebut ketika kekhawatiran konflik militer antara China dan Amerika Serikat memuncak setelah Ketua DPR AS Nancy Pelosi berencana berkunjung ke pulau yang memiliki pemerintahan sendiri itu.

Wang mengatakan dalam sebuah seminar di Beijing mengatakan China bersedia untuk terlibat dalam dialog dengan berbagai pihak di Taiwan dengan syarat mengakui konsensus 1992 untuk mencari reunifikasi damai, sambil memperingatkan bahwa kemerdekaan Taiwan adalah bahaya serius bagi peremajaan nasional.



“Berdasarkan prinsip satu-China, kami bersedia melakukan dialog, komunikasi, dan konsultasi demokratis dengan semua pihak, kelompok, dan orang-orang di Taiwan mengenai masalah politik lintas selat, dan masalah yang terkait dengan reunifikasi damai tanah air,” kata Wang seperti dikutip Xinhua, Sabtu (30/7/2022).

Konsensus 1992 adalah pemahaman antara kedua belah pihak bahwa ada satu China, tetapi masing-masing dapat memiliki pemahaman mereka sendiri tentang apa artinya itu.

Presiden Taiwan Tsai Ing-wen, dari Partai Progresif Demokratik yang pro-kemerdekaan, telah menolak konsensus itu sejak 1996, menyebabkan Beijing menangguhkan pertukaran resmi dan meningkatkan tekanan militer dan diplomatik di pulau yang memiliki pemerintahan sendiri itu.

“Otoritas Taiwan menolak untuk mengakui konsensus 1992, dan beberapa negara memaafkan pasukan separatis yang mengagitasi 'kemerdekaan Taiwan' untuk menimbulkan masalah dan provokasi. Jika terus berlanjut, Taiwan akan didorong ke dalam jurang bencana dan membawa kerugian serius bagi mayoritas rekan senegaranya Taiwan," kata Wang.

“Mayoritas rekan senegaranya Taiwan harus sangat memahami bahwa reunifikasi itu bermanfaat, dan bahwa kemerdekaan Taiwan adalah jalan buntu. Mereka harus mengerti bahwa mereka tidak bisa mengandalkan orang luar.”

Pernyataan Wang datang ketika Beijing berulang kali memperingatkan Pelosi agar tidak mengunjungi Taiwan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1668 seconds (0.1#10.140)