Kelompok Teroris Beraksi di Mali, 66 Orang tewas

Jum'at, 29 Juli 2022 - 01:15 WIB
loading...
Kelompok Teroris Beraksi di Mali, 66 Orang tewas
Ilustrasi
A A A
DOUALA - Sedikitnya 66 orang tewas dalam serangan teroris di beberapa kota di Mali , Rabu (27/7/2022). Menurut militer Mali, salah satu kelompok penyerang berbasis di negara tetangga.

"Angkatan Bersenjata Mali (FAMa) menangkis serangan teroris yang menargetkan posisi di Savare, Sokolo dan Kalumba, Rabu pagi. Respons, dilakukan dengan energi dan profesionalisme, telah memungkinkan para penyerang untuk diarahkan dan dikejar," ujar Kolonel Souleymane Dembele, Direktur Informasi dan Humas militer Mali, seperti dikutip dari Anadolu Agency.



Sebuah laporan tentang pertempuran menunjukkan 54 tewas, termasuk 6 tentara. Sementara 25 tentara dilaporkan terluka, termasuk lima yang mengalami luka serius, di Sokolo di wilayah Segou di selatan-tengah Mali, di mana tanggapan terkoordinasi diatur terhadap para penyerang, yang diarahkan.

Sumber yang sama juga melaporkan 12 orang tewas "di pihak yang bersahabat," termasuk tiga warga sipil dari perusahaan konstruksi jalan, menyusul serangan teroris yang "ditolak dengan keras" di Kalumba di wilayah Nara dekat perbatasan Mauritania.

Penyisiran dan penilaian serangan itu masih berlangsung, menurut otoritas militer. "Pengejaran udara memungkinkan untuk menyerang pangkalan logistik teroris di bawah naungan vegetasi di sekitarnya, sehingga mengurangi potensi musuh," tambah Dembele.



Di sisi Mopti tengah, upaya penyusupan menargetkan salah satu pos pemeriksaan kamp militer serta instalasi Angkatan Udara tanpa hasil karena gerakan mencurigakan dapat ditangkal oleh FAMa. Serangan tersebut merupakan bagian dari serangkaian serangan yang menargetkan pos tentara Mali baru-baru ini.

Sebelumnya pada 21 Juli, tiga tentara dan tiga teroris tewas dalam serangan kompleks simultan di beberapa lokasi. Keesokan harinya, satu tentara dan tujuh teroris tewas dalam serangan bom mobil di fasilitas Direktorat Material, Hidrokarbon dan Transportasi Angkatan Bersenjata (DMHTA) di Kati dekat ibukota Bamako.

Serangan tersebut mengkonfirmasi sinyal dan petunjuk yang sebelumnya terdeteksi dan diidentifikasi oleh dinas yang kompeten dan mewujudkan penderitaan kelompok teroris bersenjata di Mali, menurut staf militer.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2276 seconds (0.1#10.140)