Tentara Mali Tewaskan 203 Anggota Milisi dalam Operasi Militer

Minggu, 03 April 2022 - 22:50 WIB
loading...
Tentara Mali Tewaskan 203 Anggota Milisi dalam Operasi Militer
Tentara Mali Tewaskan 203 Anggota Milisi dalam Operasi Militer. FOTO/Reuters
A A A
BAMAKO - Tentara Mali menyatakan telah membunuh 203 pejuang dalam operasi di pusat negara bagian Sahel. Sementara misi Penjaga Perdamaian PBB di negara itu mengaku telah mendengar laporan kematian warga sipil, yang meningkatkan keprihatinan soal hak asasi manusia.

Tentara mengatakan pada hari Jumat (1/4/2022), bahwa operasi militer terjadi di wilayah Mora di Mali tengah dari 23 hingga 31 Maret. Operasi itu menangkap 51 orang dan menyita sejumlah besar senjata, menurut pernyataan militer.



Pengumuman itu muncul ketika banyak laporan media sosial di Mali minggu ini yang menuduh bahwa puluhan orang, termasuk warga sipil, telah tewas di Mora. Kantor berita AFP tidak dapat memverifikasi jumlah korban tewas yang diklaim tentara atau laporan media sosial.

Akses yang buruk ke daerah konflik Mali dan relatif kurangnya sumber informasi independen membuat angka yang diberikan oleh pemerintah atau kelompok bersenjata sulit untuk dikonfirmasi.

“Militer Mali mengeluarkan pernyataan setelah desas-desus di media sosial bahwa 300 warga sipil tewas di desa Mora yang mereka katakan sebagai ‘wilayah teroris’. Mereka mengatakan mereka menetralisir lebih dari 300 'teroris'," kata Nicholas Haque dari Al Jazeera, melaporkan dari Dakar di negara tetangga Senegal.

Haque mengatakan, negara bagian Mali yakin daerah itu dikendalikan oleh kelompok-kelompok yang terkait dengan al-Qaeda dan ISIL (ISIS). Jadi ada dorongan untuk mendapatkan kembali kendali atas daerah tersebut.



“Tetapi tantangannya adalah tidak ada yang benar-benar tahu apa yang terjadi, hanya ada sedikit akses ke area di mana operasi ini berlangsung. Sejumlah jurnalis asing telah diusir ke luar negeri karena melaporkan apa yang terjadi di Mali.”

Sebuah negara miskin berpenduduk sekitar 21 juta orang, Mali telah berjuang untuk menahan pemberontakan bersenjata yang muncul pada tahun 2012, sebelum menyebar ke negara tetangga Burkina Faso dan Niger.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1138 seconds (0.1#10.140)