Rusia Merudal Pelabuhan Odesa, Pemimpin Dunia Ramai-ramai Kecam Putin

Minggu, 24 Juli 2022 - 11:06 WIB
loading...
Rusia Merudal Pelabuhan Odesa, Pemimpin Dunia Ramai-ramai Kecam Putin
Rusia menyerang pelabuhan Odesa, Ukraina. Foto/NDTV
A A A
KIEV - Para pemimpin dunia ramai-ramai mengutuk serangan rudal Rusia di pelabuhan Ukraina , sebuah serangan dramatis di tengah kesepakatan yang ditengahi PBB untuk mengamankan koridor laut untuk biji-bijian dan ekspor bahan makanan lainnya.

Sehari sebelumnya, perwakilan dari PBB, Turki, Rusia, dan Ukraina menandatangani perjanjian untuk membuka kembali tiga pelabuhan Ukraina, sebuah terobosan nyata saat perang Kremlin terhadap bekas tetangga Sovietnya memasuki bulan kelima.

Kesepakatan itu, yang ditandatangani di Istanbul dan akan diimplementasikan dalam beberapa minggu ke depan, mengikuti blokade selama berbulan-bulan terhadap puluhan pelabuhan Ukraina yang tersebar di sepanjang Laut Azov dan Laut Hitam.

Serangan di Odesa, pelabuhan terbesar Ukraina, menggambarkan satu lagi kecemasan yang dapat merubah sebuah upaya untuk mengurangi krisis pangan global yang meningkat menjadi kesia-siaan.

Seorang penasihat Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menyebut Rusia "diprediksi tidak berharga" setelah serangan itu.

“Tinta belum sempat mengering, namun ada dua provokasi keji: serangan terhadap pelabuhan di Odesa dan pernyataan Kementerian Pertahanan Rusia bahwa pelabuhan Ukraina berbahaya untuk pengiriman,” tulis Mykhailo Podolyak di Twitter seperti dikutip dari CNBC, Minggu (24/7/2022).



Zelensky pun turut mengomentari serangan tersebut.

"Bahkan belum 24 jam berlalu sebelum terminal gandum ini, wilayah Odesa dan pelabuhan diserang," kata Zelensky kepada delegasi anggota parlemen Amerika Serikat (AS) yang mengunjungi Ukraina.

Di antara anggota parlemen Iran yang mengunjungi Zelenskyy, Adam Smith mengatakan Presiden Rusia Vladimir Putin melanggar semangat perjanjian itu dengan lebih banyak serangan rudal.

"Dia tidak bisa dipercaya," Smith, ketua Komite Angkatan Bersenjata DPR AS, menulis dalam sebuah pernyataan.

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengatakan AS mengutuk keras serangan rudal Rusia dan mengatakan Rusia memikul tanggung jawab untuk memperdalam krisis pangan dunia.

"Serangan itu merusak kerja PBB, Turki dan Ukraina untuk mendapatkan makanan penting ke pasar dunia," kata Blinken dalam sebuah pernyataan.



Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres "dengan tegas" mengutuk serangan rudal di pelabuhan itu.

"Implementasi penuh (kesepakatan) oleh Federasi Rusia, Ukraina dan Turki sangat penting," tulis Sekjen PBB.

Bridget Brink, Duta Besar Presiden Joe Biden untuk Ukraina, mendesak komunitas global untuk meminta pertanggungjawaban Rusia.

“Kremlin terus mempersenjatai makanan. Rusia harus dimintai pertanggungjawaban,” tulis Brink di Twitter.

Kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Josep Borrell menyebut serangan rudal Rusia di Odesa "tercela."

"Mencapai target penting untuk ekspor biji-bijian sehari setelah penandatanganan perjanjian Istanbul sangat tercela sekali lagi menunjukkan pengabaian total Rusia terhadap hukum dan komitmen internasional," tulis Borrell di Twitter.



Koki dan pemilik restoran selebritas Spanyol Jose Andres, yang membawa organisasi kemanusiaannya ke Ukraina untuk meringankan krisis pangan yang dipicu oleh perang Rusia, juga mengecam serangan rudal di Odesa.

"Mengapa Anda menyerang biji-bijian yang perlu diekspor? Mengapa? Berhentilah dan mari beri makan dunia," tulis koki bintang dua Michelin dan pendiri World Central Kitchen, sebuah kelompok yang didedikasikan untuk memberi makan masyarakat yang rentan.

Perdana Menteri Estonia Kaja Kallas mengatakan serangan rudal adalah "semua yang perlu Anda ketahui tentang kesepakatan dengan Rusia."

"Hari ini, rudal Rusia menghantam pelabuhan Odesa. Hanya itu yang perlu Anda ketahui tentang kesepakatan dengan Rusia. Dunia harus membantu Ukraina melawan agresor," tulisnya.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1637 seconds (0.1#10.140)