Lakukan Lawatan Perdana ke Luar Negeri, Presiden UEA Kunjungi Prancis

Selasa, 19 Juli 2022 - 03:00 WIB
loading...
Lakukan Lawatan Perdana ke Luar Negeri, Presiden UEA Kunjungi Prancis
Lakukan Lawatan Perdana ke Luar Negeri, Presiden UEA Kunjungi Prancis. FOTO/Reuters
A A A
DUBAI - Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Sheikh Mohamed bin Zayed Al-Nahyan tiba di Prancis, Senin (18/7/202) untuk kunjungan resmi pertamanya di luar kawasan itu sejak menjabat pada Mei lalu. Sheikh Mohamed diterima di Istana lysée dalam sebuah upacara resmi untuk bertemu dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron .

“Kedua presiden membahas aksi bersama di bidang energi masa depan, perubahan iklim, dan teknologi canggih dan upaya untuk meningkatkan keamanan dan stabilitas regional,” sebut laporan kantor berita negara WAM, seperti dikutip dari Arab News.

Baca: Biden Undang Presiden UEA ke Gedung Putih

Kedua pemimpin juga akan membahas penguatan hubungan bilateral lintas budaya, pendidikan dan ruang angkasa, dan meninjau isu-isu regional dan internasional yang menjadi kepentingan bersama, lanjut laporan WAM.

Hubungan antara kedua negara berawal dari pembentukan Federasi UEA, karena beberapa perusahaan minyak Prancis, seperti Total, terlibat dalam eksplorasi minyak di UEA. Hubungan ini diperkuat setelah kunjungan pertama mendiang Sheikh Zayed bin Sultan Al-Nahyan ke Prancis pada tahun 1976.

Prancis adalah salah satu investor asing utama di UEA. Investasi langsung Prancis di UEA mencapai 2,5 miliar euro pada akhir 2020, sementara UEA menempati urutan ke-35 dalam daftar investor asing di Prancis.

Sebelumnya, Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden telah melayangkan undangan pada Sheikh Mohamed untuk mengunjungi AS. Undangan itu dilayangkan selama pertemuan di sela-sela KTT Keamanan dan Pembangunan Jeddah, Kantor Berita Emirates (WAM) melaporkan pada hari Sabtu.

Baca: PM Israel Kunjungi Abu Dhabi, Disambut Hangat Presiden UEA

Sheikh Mohamed bin Zayed termasuk di antara para pemimpin GCC yang tiba di Arab Saudi Sabtu pagi untuk menghadiri KTT, yang bertepatan dengan kunjungan resmi dua hari Biden ke Kerajaan dalam tur Timur Tengah pertamanya sebagai presiden.

Selama pertemuan itu, Biden menyampaikan belasungkawa atas kematian Sheikh Khalifa bin Zayed Al-Nahyan dan mengucapkan selamat kepada rekannya atas kepresidenannya.

Sheikh Mohamed bin Zayed berterima kasih kepada Biden atas kunjungan sebelumnya dari Wakil Presiden Kamala Harris dan delegasi AS untuk menyampaikan belasungkawa mereka. Dia juga menyatakan penghargaan atas dukungan dan harapan baik Biden kepada UEA dan rakyatnya.
(esn)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1184 seconds (10.55#12.26)