Biden Undang Presiden UEA ke Gedung Putih

Minggu, 17 Juli 2022 - 09:04 WIB
loading...
Biden Undang Presiden UEA ke Gedung Putih
Presiden AS Joe Biden bertemu dengan Presiden UEA Sheikh Mohamed bin Zayed Al-Nahyan di Jeddah, Arab Saudi, 16 Juli 2022. Foto/Khaleej Times
A A A
JEDDAH - Presiden Joe Biden mengundang mitranya dari Uni Emirat Arab (UEA), Presiden Sheikh Mohamed bin Zayed, untuk mengunjungi Amerika Serikat (AS). Ini adalah sebuah isyarat persahabatan setelah berbulan-bulan hubungan keduanya penuh dengan ketegangan karena perang Ukraina dan masalah lainnya.

“Kami berdua memahami bahwa tantangan yang kami hadapi hari ini hanya membuat jauh lebih penting bagi kami untuk menghabiskan lebih banyak waktu bersama," kata Biden setelah kedua pria itu bertemu di sela-sela pertemuan para pemimpin Arab di Arab Saudi.

"Dan saya ingin secara resmi mengundang Anda ke Amerika Serikat,” imbuhnya seperti dikutip dari Al Arabiya, Minggu (17/7/2022).

Baca juga: Biden Ancam Arab Saudi usai Bertemu Pangeran Mohammed bin Salman

Biden merinci bahwa dia mengundang Sheikh Mohamed ke Gedung Putih dan mengatakan dia ingin kunjungan itu terjadi sebelum tahun ini berakhir.

Sheikh Mohamed menjabat pada Mei setelah kematian mantan Presiden UEA Sheikh Khalifa.

Negara Teluk yang kaya itu menampung pasukan AS dan telah menjadi mitra strategis Washington selama beberapa dekade.

Penasihat politik Sheikh Mohamed, Anwar Gargash, mengatakan kepada wartawan pada hari Jumat bahwa hubungan AS-Emirat berada "di tempat yang baik" tetapi ada masalah yang "harus kita selesaikan".

Baca juga: Biden Usik Pembunuhan Khashoggi, Mohammed bin Salman Balas Bongkar Dosa-dosa AS

Setelah bertemu dengan para pemimpin Saudi pada hari Jumat, Biden mencoba menggunakan KTT hari Sabtu sebagai kesempatan untuk menguraikan visinya tentang peran Washington di wilayah tersebut.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1189 seconds (10.101#12.26)