Sri Lanka Mulai Memilih Presiden Baru

Sabtu, 16 Juli 2022 - 17:21 WIB
loading...
A A A
Protes berbulan-bulan mencapai puncaknya pada akhir pekan lalu ketika para demonstran menyerbu rumah dan kantor presiden serta kediaman resmi Perdana Menteri Ranil Wickremesinghe. Pada hari Rabu, mereka menyita kantornya.



Para demonstran awalnya bersumpah untuk tetap tinggal sampai pemerintahan baru terbentuk, tetapi mereka mengubah taktik pada Kamis, tampaknya khawatir bahwa eskalasi kekerasan dapat merusak pesan mereka menyusul bentrokan di luar Parlemen yang menyebabkan puluhan orang terluka.

Pengunjuk rasa Mirak Raheem memberikan catatan terkait berukarangnya kekerasan dan mengatakan pekerjaan itu masih jauh dari selesai.

“Ini benar-benar sesuatu yang luar biasa, fakta bahwa itu terjadi di belakang sebagian besar protes damai. Tapi jelas ini baru permulaan,” kata Raheem, mengutip pekerjaan untuk membangun kembali ekonomi dan memulihkan kepercayaan publik terhadap sistem politik.

Rajapaksa dan istrinya menyelinap pergi pada malam hari di atas pesawat militer Rabu pagi. Pada hari Kamis, ia pergi ke Singapura, menurut Kementerian Luar Negeri negara-kota itu. Dikatakan dia tidak meminta suaka, dan tidak jelas apakah dia akan tinggal atau pindah. Ia sebelumnya telah mendapatkan pelayanan medis di sana, termasuk menjalani operasi jantung.



(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1302 seconds (0.1#10.140)