Rusia Klaim Hancurkan Peluncur Rudal Harpoon Buatan AS di Ukraina

Rabu, 13 Juli 2022 - 05:48 WIB
loading...
Rusia Klaim Hancurkan Peluncur Rudal Harpoon Buatan AS di Ukraina
Rusia klaim hancurkan peluncur rudal harpoon buatan AS di Ukraina. Foto/Ilustrasi
A A A
MOSKOW - Militer Rusia mengatakan telah menghancurkan lebih banyak senjata buatan Amerika Serikat (AS) di Ukraina . Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan beberapa unit rudal anti-kapal Harpoon menjadi sasaran serangan rudal Iskander yang diluncurkan dari darat di Wilayah Odessa.

Laporan tersebut mengidentifikasi lokasi tersebut berada di dekat desa Berezan, sekitar 20 km barat laut kota pelabuhan Odessa. Tidak ada rincian lebih lanjut tentang serangan itu seperti dilansir dari Russia Today, Rabu (13/7/2022).

Pekan lalu, Rusia mengklaim telah menghancurkan dua sistem rudal Harpoon di dekat desa Liman di wilayah yang sama dengan serangan rudal yang diluncurkan dari laut.



Harpoon adalah sistem rudal anti kapal buatan Boeing. Beberapa negara Barat telah memasoknya ke Ukraina. Para pejabat di Kiev mengklaim bahwa senjata itu adalah pengubah pertempuran untuk keseimbangan kekuatan militer di Laut Hitam.

Beberapa memuji ancaman yang ditimbulkan oleh senjata Barat, termasuk Harpoon, atas keputusan Rusia untuk menarik diri dari Pulau Ular dua minggu lalu. Namun Moskow mengatakan itu adalah isyarat dari niat baik yang dimaksudkan untuk melawan tuduhan Ukraina bahwa Rusia memblokir ekspor biji-bijian dari negara itu.

Rusia mengirim pasukan ke Ukraina pada 24 Februari, dengan alasan kegagalan Kiev untuk mengimplementasikan perjanjian Minsk, yang dirancang untuk memberi wilayah Donetsk dan Lugansk status khusus di dalam negara Ukraina.



Protokol, yang ditengahi oleh Jerman dan Prancis, pertama kali ditandatangani pada 2014. Mantan Presiden Ukraina Petro Poroshenko sejak itu mengakui bahwa tujuan utama Kiev adalah menggunakan gencatan senjata untuk mengulur waktu dan “menciptakan angkatan bersenjata yang kuat.”

Pada Februari 2022, Kremlin mengakui republik Donbass sebagai negara merdeka dan menuntut agar Ukraina secara resmi menyatakan dirinya sebagai negara netral yang tidak akan pernah bergabung dengan blok militer Barat mana pun. Kiev menegaskan serangan Rusia benar-benar tidak beralasan.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1220 seconds (0.1#10.140)