Pentagon: Serangan Drone AS Tewaskan Pemimpin ISIS di Suriah

Selasa, 12 Juli 2022 - 22:46 WIB
loading...
Pentagon: Serangan Drone AS Tewaskan Pemimpin ISIS di Suriah
Serangan drone AS tewaskan pemimpin ISIS di Suriah. Foto/Ilustrasi/Sindonews
A A A
WASHINGTON - Pentagon mengatakan mereka berhasil membunuh seorang pemimpin kelompok Negara Islam (ISIS) di Suriah dalam serangan pesawat tak berawak atau drone .

Komando Pusat Amerika Serikat (AS) mengatakan dalam rilis berita bahwa Maher al-Agal tewas pada Selasa (12/7/2022) dan seorang pejabat senior tak dikenal dalam kelompok Negara Islam terluka parah. Pentagon mengatakan tidak ada korban sipil, meskipun tidak mungkin untuk segera mengkonfirmasi informasi itu.

AS melakukan serangan di luar Jindaris, sebuah kota di barat laut Suriah yang dekat dengan perbatasan Turki.

Baca juga: Taliban Sebut Kelompok Afiliasi ISIS 'Sekte Palsu'

Komando Pusat AS mengatakan bahwa organisasi-organisasi ekstremis yang kejam terus menghadirkan ancaman bagi Amerika dan sekutunya.

"Kelompok-kelompok yang berafiliasi dengan al-Qaeda telah menggunakan kantong yang dikuasai pemberontak di barat laut Suriah sebagai tempat berlindung yang aman,” kata Pentagon seperti dikutip dari The Associated Press.

Kelompok Negara Islam pada puncak kekuasaannya menguasai lebih dari 103.600 kilometer persegi, membentang dari Suriah ke Irak dan memerintah lebih dari 8 juta orang. Sementara negara teritorial kelompok itu runtuh pada 2019, para pemimpinnya telah beralih ke taktik gerilya dan mampu secara efisien merestrukturisasi diri mereka secara organisasi, menurut Carnegie Endowment for International Peace yang berbasis di Washington, sebuah think tank nonpartisan.

Baca juga: ISIS Klaim Bertanggung Jawab Serangan Kuil Sikh, Balasan Atas Penghinaan Nabi Muhammad

Serangan di al-Agal terjadi beberapa bulan setelah kepala kelompok itu, Abu Ibrahim al-Hashimi al-Qurayshi, bunuh diri dalam serangan di tempat persembunyiannya oleh pasukan khusus Amerika. AS mengatakan al-Qurayshi meledakkan dirinya bersama dengan anggota keluarganya.

Menurut pemantau perang, Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia (SOHR), al-Agal adalah mantan komandan terkemuka kelompok ISIS selama kendalinya atas Raqqa dan sejak itu pindah lebih jauh ke utara ke Afrin pada tahun 2020 di bawah faksi yang didukung Turki. Dia baru-baru ini menjadi komandan di faksi yang didukung Turki bernama Jaysh al-Sharqiyyah.

Pasukan koalisi pimpinan AS juga telah menargetkan militan terkait al-Qaeda di Suriah selama bertahun-tahun. Bulan lalu, serangan pesawat tak berawak AS menewaskan seorang pemimpin senior kelompok Horas al-Din, Abu Hamzah al Yaman.

Baca juga: AS Tangkap Komadan Senior ISIS Ahli Pembuat Bom di Suriah

(ian)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2003 seconds (11.252#12.26)