AS Tangkap Komadan Senior ISIS Ahli Pembuat Bom di Suriah

Kamis, 16 Juni 2022 - 09:49 WIB
loading...
AS Tangkap Komadan Senior ISIS Ahli Pembuat Bom di Suriah
Pasukan AS menangkap komandan senior ISIS ahli pembuat bom dalam operasi militer di Suriah. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Pasukan Amerika Serikat (AS) menangkap seorang komandan senior kelompok teroris Islamic State atau ISIS di Suriah. Pentagon menyebut pentolan kelompok teroris yang ditangkap itu merupakan ahli pembuat bom.

Penangkapan berlangsung hari Kamis (16/6/2022) dini hari waktu Suriah dalam operasi militer koalisi internasional yang dipimpin AS.

"Misi itu direncanakan dengan cermat untuk meminimalkan risiko kerusakan tambahan, terutama potensi bahaya bagi warga sipil," kata koalisi pimpinan AS, merujuk pada misi Operation Inherent Resolve, dalam sebuah pernyataan.

"Tidak ada warga sipil yang terluka selama operasi atau kerusakan pada pesawat atau aset koalisi," lanjut pernyataan tersebut seperti dikutip AP.



Identitas komandan senior ISIS yang ditangkap itu belum dirilis Pentagon.

Pemimpin ISIS Abu Ibrahim al-Hashimi al-Qurayshi meledakkan diri dengan rompi bom di barat laut Suriah awal tahun ini selama misi kontraterorisme Operasi Khusus AS.

Sebelumnya, mantan pemimpin pertama ISIS, Abu Bakr al-Baghdadi, bunuh diri di Suriah utara pada Oktober 2019 ketika pasukan Operasi Khusus AS memasuki kompleks tempat dia bersembunyi.

“Pasukan koalisi akan terus memburu sisa-sisa Daesh (ISIS) di mana pun mereka bersembunyi untuk memastikan kekalahan abadi mereka,” lanjut pernyataan koalisi.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1504 seconds (0.1#10.140)