Negara-negara Penghasil Barang Antik dan Kuno Paling Tersohor Dunia

Rabu, 06 Juli 2022 - 19:40 WIB
loading...
A A A
2. Malaysia

Memiliki sejarah negara yang panjang, Malaysia juga banyak menghasilkan dan memiliki barang antik dan kuno. Salah satu penemuan terbesarnya terjadi di tahun 2014.

Harta karun yang ditemukan berasal dari zaman Kesultanan Melayu Malaka yang berada di Selat Malaka, Malaysia, itu berupa kepingan uang logam emas.

Selanjutnya, barang temuan itu langsung dibawa ke laboratorium uji milik Departemen Warisan Negara.

Malaysia juga memiliki uang logam senilai 20 sen yang menjadi bidikan banyak kolektor. Uang ini diproduksi di tahun 1950 dan sudah tidak digunakan lagi. Selain itu, ada pula koin kuno 10 dan 5 sen yang turut diincar banyak orang.

3. Indonesia

Indonesia merupakan salah satu negara yang dapat dikatakan sebagai penghasil barang antik dan kuno terbanyak di dunia. Mulai dari situs prasejarah di Sangiran hingga penemuan-penemuan lain di zaman kerajaan serta kolonial Belanda.

Barang kuno Indonesia yang paling banyak diburu biasanya berupa uang koin, hiasan-hiasan rumah, dan furnitur.

Museum Bank Indonesia (BI) merupakan tempat yang banyak menyimpan uang kuno Indonesia.

Contohnya adalah kasha Banten (koin dari kerajaan Banten), gobog Majapahit (uang dari masa kerajaan Majapahit), gulden (mata uang yang digunakan pada masa kolonialisme Belanda), hingga uang NICA (Netherlands Indies Civil Administration).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1939 seconds (0.1#10.140)