Militer Rusia Luncurkan 100 Rudal dalam Serangan Pada Akhir Juni

Rabu, 06 Juli 2022 - 05:37 WIB
loading...
Militer Rusia Luncurkan...
Militer Rusia luncurkan 100 rudal dalam serangan pada akhir Juni. Foto/Ilustrasi
A A A
WASHINGTON - Militer Rusia melancarkan peningkatan jumlah serangan rudal di Ukraina menjelang akhir Juni, dengan beberapa di antaranya menyerang bangunan sipil yang padat penduduk.

Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk Organisasi untuk Keamanan dan Kerjasama di Eropa, Michael Carpenter, mengatakan kepada Dewan Permanen Khusus pada hari Selasa bahwa pasukan Rusia telah meluncurkan setidaknya 100 rudal selama akhir pekan terakhir bulan Juni.

"Kremlin telah menunjukkan bahwa mereka memiliki satu tujuan, dan hanya satu tujuan: upaya untuk mendapatkan melalui ketakutan apa yang tidak dapat dicapai di medan perang - penaklukan Ukraina," jelas Carpenter.

“Pesan Kremlin jelas: Selama perang ini berlanjut, tidak ada bagian dari Ukraina yang akan aman dari kebrutalan pemerintah Rusia dan angkatan bersenjatanya, kebobrokan kepemimpinan Rusia, dan ketidakpedulian para pembela bayaran Rusia di dewan ini," imbuhnya seperti dikutip dari Washington Examiner, Rabu (6/7/2022).



Serangan baru-baru ini terjadi di seluruh negeri, menghantam infrastruktur sipil di 17 dari 24 oblast, atau wilayah Ukraina, meskipun Carpenter memilih dua, satu di Odesa dan yang lainnya di Kremenchuk, yang masing-masing mengakibatkan sekitar 20 orang tewas dan lebih banyak lagi yang terluka.

Sebuah serangan udara Rusia menewaskan sedikitnya 21 orang ketika menghantam daerah pemukiman di kota pelabuhan utama Odesa Jumat lalu, sementara sebuah mal Kremenchuk dihantam pada jam-jam sibuk yang menewaskan sedikitnya 18 warga sipil.

Kedua serangan itu menimbulkan kecaman luas dari para pemimpin Ukraina dan Barat, sementara para pejabat Rusia membantah menyerang mal, sebuah taktik yang telah digunakan Kremlin berulang kali sepanjang perang.

"Adegan pembantaian dari Odesa dan Kremenchuk begitu menjijikkan sehingga saya, misalnya, mulai merasa seolah-olah kosakata kita - kata-kata yang kita gunakan dalam dewan ini - sama sekali tidak cukup untuk memberikan dampak manusia yang sebenarnya dari tindakan pengecut ini, yang terjadi hari demi hari dan minggu demi minggu," tambahnya.



“Puluhan pria, wanita, dan anak-anak hancur di bawah bangunan tempat tinggal dan terkoyak di pusat rekreasi yang terkena rudal Rusia di oblast Odesa. Puluhan pembeli di Kremenchuk dibakar oleh rudal lain yang diluncurkan dari pembom jarak jauh Rusia,” imbuhnya.

Carpenter, yang lebih dekat ke garis depan daripada kebanyakan pejabat pemerintah, telah berulang kali mengeluarkan teguran publik tentang apa yang telah terjadi selama empat bulan pertama perang dan apa yang bisa terus terjadi.

Dia memperingatkan pada 10 Juni bahwa Rusia dapat mengadakan referendum "palsu" di kota-kota yang direbut untuk menunjuk para pemimpin yang bersahabat, khususnya di Kherson, yang dia gambarkan sebagai "laboratorium kengerian Kremlin."

Duta Besar AS itu juga mengatakan bahwa serangan terhadap situs budaya Ukraina tampak "sistematis" baginya, meskipun dia menyebutkan bahwa dia berbicara dalam kapasitas pribadinya dan bukan sebagai seorang ahli.



Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menyebut serangan ke mal Kremenchuk "salah satu serangan teroris paling menantang dalam sejarah Eropa."

“Hanya teroris yang benar-benar gila, yang seharusnya tidak memiliki tempat di Bumi, yang dapat menyerang rudal ke objek seperti itu,” ujarnya.

“Dan ini bukan serangan rudal yang tidak tepat sasaran. Ini adalah serangan Rusia yang diperhitungkan — tepatnya di pusat perbelanjaan ini,” ia menambahkan.

Jaksa Agung Ukraina, yang kantornya menangani investigasi kejahatan perang secara nasional termasuk dua serangan ini, sedang menyelidiki lebih dari 21.000 tuduhan, termasuk lebih dari 20.000 karena diduga melanggar hukum dan kebiasaan perang, menurut situs webnya.

(ian)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1450 seconds (0.1#10.140)