Ledakan Perangkat Elektronik di Lebanon Jadi Sinyal Perang Dunia III Pakai Senjata Tradisional? Ini Penjelasannya

Jum'at, 20 September 2024 - 15:30 WIB
loading...
Ledakan Perangkat Elektronik...
Seorang wanita Lebanon duduk di pemakaman, sembari membaca Al-Quran di samping makam anggota Hizbullah yang terbunuh di pinggiran selatan Beirut, Kamis, 19 September 2024. Foto/AP/Hussein Malla
A A A
BEIRUT - Ledakan perangkat elektronik di Lebanon menjadi perhatian dunia belakangan ini. Setelah serangkaian pager meledak pada Selasa, giliran ribuan walkie-talkie milik anggota Hizbullah yang diledakan pada Rabu (18/9/2024).

Meski belum ada yang mengklaim bertanggung jawab, tidak ada keraguan bagi Hizbullah bahwa operasi itu sangat khas dari badan intelijen Israel, Mossad. Maka dari itu, mereka pun bersiap memasuki fase baru dalam konfliknya dengan negara Zionis tersebut.

Berkaca pada kondisi di Lebanon, ada satu fakta menarik yang bisa diketahui. Perangkat canggih seperti apa pun memang punya kelebihan, tetapi hal tersebut tidak sepenuhnya bebas dari kekurangan.

Sekilas, pager dan walkie-talkie terbilang sebagai perangkat jadul di era modern ini. Namun, tentu tidak ada yang menyangka bahwa perangkat seperti itu juga berpotensi disabotase dan menjadi masalah bagi penggunanya.

Ledakan Perangkat Elektronik di Lebanon Sinyal Perang Dunia III Pakai Senjata Tradisional


Sebelumnya, Hizbullah disebutkan memakai pager dan walkie-talkie sebagai alat komunikasi para anggotanya.

Meski jadul, alasannya jelas karena mereka ingin menghindari peretasan atau pelacakan yang mungkin dilakukan musuh terhadap perangkat modern seperti smartphone.

Masalahnya, musuh-musuh Hizbullah juga sudah mengantisipasi hal tersebut. Meski belum bisa dipastikan secara gamblang, penjelasan yang paling mungkin terkait insiden meledaknya pager dan walkie-talkie di Lebanon adalah karena sabotase di beberapa titik dalam rantai pasokan.

Mengutip Dw, Dinas keamanan Lebanon menyebut sekitar 5.000 pager AR-924 kemungkinan telah dipasangi bahan peledak sebelum dikirim.

Pernyataan tersebut ditanggapi sebagai hal masuk akal oleh Lawrence, seorang mantan Perwira Teknis Amunisi di Angkatan Darat Inggris.

Menurutnya, pager memang bisa dimodifikasi secara khusus dan diisi dengan bahan peledak. Perancangnya sendiri cukup menambahkan sejenis alat pemicu yang dihubungkan ke sumber aktivasinya.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0763 seconds (0.1#10.140)