Otoritas Kesehatan Afrika: Penyebaran Cacar Monyet Sudah Jadi Keadaan Darurat

Sabtu, 02 Juli 2022 - 19:59 WIB
loading...
Otoritas Kesehatan Afrika: Penyebaran Cacar Monyet Sudah Jadi Keadaan Darurat
Otoritas Kesehatan Afrika: Penyebaran Cacar Monyet Sudah Jadi Keadaan Darurat. FOTO/Reuters
A A A
HARARE - Otoritas kesehatan di Afrika mengatakan, mereka memperlakukan wabah cacar monyet yang meluas di sana sebagai keadaan darurat. Mereka juga menyerukan negara-negara kaya untuk berbagi pasokan vaksin dunia yang terbatas dalam upaya untuk menghindari masalah ekuitas mencolok yang terlihat selama pandemi COVID-19.

Cacar monyet telah membuat orang sakit di beberapa bagian Afrika tengah dan barat selama beberapa dekade. Namun, kurangnya diagnosis laboratorium dan pengawasan yang lemah menyebabkan banyak kasus tidak terdeteksi di seluruh benua.



Hingga saat ini, negara-negara di Afrika telah melaporkan lebih dari 1.800 kasus yang dicurigai sepanjang tahun ini, termasuk lebih dari 70 kematian. Tetapi, hanya 109 yang telah dikonfirmasi di laboratorium.

“Wabah khusus ini bagi kami berarti keadaan darurat,” kata Ahmed Ogwell, Direktur Pelaksana Pusat Pengendalian Penyakit Afrika, seperti dikutip dari AP.

“Kami ingin dapat mengatasi cacar monyet sebagai keadaan darurat sekarang, sehingga tidak menyebabkan lebih banyak rasa sakit dan penderitaan,” katanya.



Pekan lalu, WHO mengatakan komite daruratnya menyimpulkan bahwa wabah cacar monyet yang meluas mengkhawatirkan, tetapi belum menjamin dinyatakan darurat kesehatan global. Badan kesehatan PBB mengatakan akan mempertimbangkan kembali keputusannya jika penyakit itu terus menyebar melintasi lebih banyak perbatasan, menunjukkan tanda-tanda peningkatan keparahan, atau mulai menginfeksi kelompok rentan seperti wanita hamil dan anak-anak.

Secara global, lebih dari 5.000 kasus cacar monyet telah dilaporkan di 51 negara, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS. Sebagian besar kasus tersebut terjadi di Eropa. Tidak ada kematian di luar Afrika yang dilaporkan.



Di Afrika, WHO mengatakan cacar monyet telah menyebar ke negara-negara yang belum pernah terlihat sebelumnya, termasuk Afrika Selatan, Ghana, dan Maroko. Tetapi lebih dari 90% infeksi di benua itu terjadi di Kongo dan Nigeria, menurut direktur WHO Afrika, Dr. Moeti Matshidiso.

Menurutnya, mengingat persediaan vaksin global yang terbatas untuk memerangi cacar monyet, WHO sedang dalam pembicaraan dengan produsen dan negara-negara dengan persediaan untuk melihat apakah mereka dapat dibagikan.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1786 seconds (0.1#10.140)