Diplomat Moskow: Singkirkan Rusia dari Dewan Keamanan Hanya Mungkin Jika PBB Dibubarkan

Sabtu, 02 Juli 2022 - 15:00 WIB
loading...
Diplomat Moskow: Singkirkan Rusia dari Dewan Keamanan Hanya Mungkin Jika PBB Dibubarkan
Diplomat Moskow: Singkirkan Rusia dari Dewan Keamanan Hanya Mungkin Jika PBB Dibubarkan. FOTO/Reuters
A A A
MOSKOW - Mengecualikan Rusia dari Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) hanya mungkin jika seluruh organisasi dibubarkan dan dibuat baru. Hal itu diungkapkan Wakil Tetap Pertama Rusia untuk PBB, Dmitry Polyansky.

Mengomentari seruan Presiden Ukraina Vladimir Zelensky untuk mencabut Rusia dari status anggota tetap DK PBB, Polyansky mengatakan, pernyataan itu "tidak tahan terhadap pengawasan."



"Secara alami, semua orang normal menyadari bahwa skenario ini hanya mungkin terjadi jika PBB dibubarkan dan dibuat baru," kata Polyansky kepada saluran TV Langsung Soloviev.

Meurutnya, tugas Kiev adalah "membangkitkan" negara-negara anggota Dewan Keamanan PBB, yang semakin lelah dengan masalah Ukraina.

"Baik Zelensky dan utusan Ukraina untuk PBB membuang-buang napas, mengklaim dari waktu ke waktu bahwa kami [Rusia] tidak memiliki hak atas kursi [Dewan Keamanan PBB] ini, bahwa kami mempertahankannya secara tidak sah setelah pecahnya Uni Soviet," ujarnya.



"Ini benar-benar omong kosong, kami telah menjelaskannya, dan bahkan pejabat PBB telah memberikan klarifikasi," lanjutnya.

Sebelumnya, Polyansky mengatakan, Zelensky diizinkan berbicara di hadapan Dewan Keamanan PBB pada Selasa dari jarak jauh dan tanpa konsultasi sebelumnya dengan anggota dewan lainnya. Ini melanggar praktik yang ada.

Selama pidatonya, pemimpin Ukraina itu mendesak PBB untuk menunjuk Rusia sebagai "negara teroris" dan mengeluarkannya dari Dewan Keamanan PBB. Di Dewan Keamanan PBB Rusia memiliki status anggota tetap dan hak veto.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0991 seconds (0.1#10.140)