Ukraina Tuding Rusia Jatuhkan Bom Fosfor di Pulau Ular

Sabtu, 02 Juli 2022 - 11:27 WIB
loading...
Ukraina Tuding Rusia Jatuhkan Bom Fosfor di Pulau Ular
Ukraina tuding Rusia jatuhkan bom fosfor di Pulau Ular. Foto/Ilustrasi
A A A
KIEV - Tentara Ukraina menuduh Rusia melakukan serangan menggunakan amunisi fosfor pembakar di Pulau Ular, hanya sehari setelah Moskow menarik pasukannya dari pulau berbatu di Laut Hitam .

Panglima tentara Ukraina, Valeriy Zaluzhnyi, mengatakan di Telegram jet tempur Su-30 Rusia yang diterbangkan di atas pulau dari Semenanjung Crima menjatuhkan bom fosfor dalam dua serangan mendadak pada hari Jumat.

“Hari ini sekitar pukul 18:00…Pesawat Su-30 angkatan udara Rusia dua kali melakukan serangan dengan bom fosfor di pulau Zmiinyi,” kata tentara Ukraina dalam sebuah pernyataan, menggunakan nama lain untuk Pulau Ular seperti dikutip dari Al Jazeera, Sabtu (2/7/2022).



Kementerian Pertahanan Rusia pada hari Kamis menggambarkan penarikan pasukannya dari pulau itu sebagai "sikap niat baik" yang dimaksudkan untuk menunjukkan bahwa Moskow tidak akan mengganggu upaya PBB untuk mengatur ekspor biji-bijian yang dilindungi dari pelabuhan Ukraina di Laut Hitam.

Tentara Ukraina lantas menuduh Rusia tidak dapat "menghormati bahkan pernyataan mereka sendiri".

Rekaman video yang menyertai pernyataan Ukraina menunjukkan sebuah pesawat menjatuhkan amunisi setidaknya dua kali di pulau itu, dan apa yang tampak seperti garis-garis putih muncul di atasnya.





Senjata fosfor, yang meninggalkan jejak putih yang khas di langit, adalah senjata pembakar yang penggunaannya terhadap warga sipil dilarang di bawah konvensi internasional tetapi diizinkan untuk sasaran militer.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1429 seconds (0.1#10.140)