Pentagon: Ukraina Gunakan HIMARS Pemberian AS Serang Pos Komando Rusia

Sabtu, 02 Juli 2022 - 14:14 WIB
loading...
Pentagon: Ukraina Gunakan HIMARS Pemberian AS Serang Pos Komando Rusia
Pentagon mengatakan Ukraina menggunakan HIMARS pemberian AS untuk menyerang pos komando Rusia. Foto/Ilustrasi
A A A
WASHINGTON - Pasukan Ukraina “memiliki banyak keberhasilan” menggunakan sistem roket canggih yang diberikan Amerika Serikat (AS) untuk menargetkan pos komando Rusia . Hal itu diungkapkan seorang pejabat senior pertahanan AS.

Ukraina telah menggunakan sistem roket canggih Sistem Roket Artileri Mobilitas Tinggi (HIMARS) untuk menargetkan posisi pos komando Kremlin dalam perjuangannya untuk wilayah timur negara itu yang dikenal sebagai Donbas.

“Karena itu adalah sistem jarak jauh yang tepat, Ukraina dapat dengan hati-hati memilih target yang akan merusak upaya Rusia dengan cara yang lebih sistematis, tentu saja daripada yang dapat mereka lakukan dengan sistem artileri jarak pendek,” kata pejabat itu kepada wartawan.

Baca juga: HIMARS Bantuan AS Tiba Sebulan Setelah Diminta, Ukraina Semringah

“Apa yang Anda lihat adalah Ukraina sebenarnya secara sistematis memilih target dan kemudian secara akurat mengenai mereka, sehingga memberikan ini, Anda tahu, metode yang tepat untuk menurunkan kemampuan Rusia,” imbuhnya.

“Saya melihat mereka dapat terus menggunakan ini di seluruh Donbas,” ujarnya seperti dikutip dari The Hill, Sabtu (2/7/2022).

Pasukan Ukraina masih ditahap awal dalam mengoperasikan sistem roket HIMARS karena hanya segelintir tentara Ukraina yang dapat mengoperasikannya setelah mendapatkan kursus pelatihan.

Baca juga: AS Dilaporkan Pertimbangkan Lipat Gandakan Pengiriman HIMARS ke Ukraina

AS diketahui mengirimkan empat sistem roket HIMARS ke negara bekas Uni Soviet itu dan empat sistem tambahan dijanjikan akhir bulan lalu akan dikirim.

HIMARS, yang memiliki jangkauan sekitar 40 mil, telah memberi Ukraina kemampuan untuk mencapai target yang jauh dengan akurasi yang lebih tinggi daripada sebelumnya saat menggunakan artileri jarak pendek.

Baca juga: AS Umumkan Akan Kembali Kirim HIMARS dan Kapal Patroli ke Ukraina

(ian)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1310 seconds (10.177#12.26)