Gedung-gedung di Palestina Hasil Sumbangan Rakyat Indonesia

Kamis, 30 Juni 2022 - 13:58 WIB
loading...
A A A
Rumah sakit tersebut dibangun lembaga medis kemanusiaan MER-C Indonesia bersama para relawan Pondok Pesantren Al-Fatah seluruh Indonesia.

Bangunan itu berdiri di lahan seluas 16.261 meter persegi yang merupakan wakaf dari pemerintah Palestina. Luas bangunan sekitar 10.000 meter persegi.

2. Masjid Syaikh 'Ajlin

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mendesain ulang masjid di Gaza, Palestina, yang hancur pada 2014. Masjid Syaikh 'Ajlin desainnya diresmikan secara virtual di Gedung Pakuan, Kota Bandung dan di Gaza, Palestina, Rabu (7/3/2021).

Gedung-gedung di Palestina Hasil Sumbangan Rakyat Indonesia


Masjid itu dibangun kembali atas hasil kerja sama dengan lembaga Aman Palestina. Memang desain masjid karya Ridwan Kamil sangat futuristik dengan dominasi warna putih. Posisi masjid berdiri megah menghadap pantai.

Masjid indah itu terbagi pada dua bangunan dengan satu menara. Filosofi yang terkandung, menara menunjukkan hubungan dengan Allah SWT dan kedua bangunan mencirikan hubungan dengan manusia dan alam.

Selain tempat beribadah, masjid tersebut juga berfungsi sebagai pusat pendidikan bagi para penghafal Quran.

Sebelum hancur akibat serangan Israel pada 2014, ribuan penghafal Quran sudah lulus dari masjid Syeikh 'Ajlin yang lama.

Masjid ini memang belum sepenuhnya berdiri, namun tekad membangunnya lagi menjadi bukti kesungguhan rakyat Indonesia membantu warga Palestina.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1042 seconds (0.1#10.140)