Arab Saudi Tetapkan Idul Adha Jatuh Pada 9 Juli

Kamis, 30 Juni 2022 - 02:14 WIB
loading...
Arab Saudi Tetapkan Idul Adha Jatuh Pada 9 Juli
Arab Saudi tetapkan Idul Adha jatuh pada 9 Juli. Foto/Ilustrasi
A A A
RIYADH - Arab Saudi akan merayakan hari pertama Idul Adha pada 9 Juli setelah observatorium Tamir melihat penampakan bulan sabit. Demikian laporan kantor berita resmi Arab Saudi, Saudi Press Agency (SPA), mengutip Mahkamah Agung Kerajaan.

Hari raya kurban bagi umat Muslim dunia selama lima hari jatuh selama bulan Dzulhijjah, yang dimulai pada tanggal 30 Juni, menandai bulan bersamaan dengan ibadah haji.

"Haji akan dimulai pada 6 Juli hingga 10 Juli, dengan Hari Arafah jatuh pada 8 Juli," menurut pernyataan Mahkamah Agung Arab Saudi seperti dikutip dari Al Arabiya, Kamis (30/6/2022).

Umat Islam memperingati Idul Adha dengan membeli domba dan kambing untuk kemudian disembelih dan dibagikan kepada yang membutuhkan. Ritual tahunan ini bermula dari kisah nabi Ibrahim yang diperintahkan Allah untuk menyembelih putranya Ismail sebagai ujian keimanannya.

Baca juga: Raja Salman Perintahkan Aparat Saudi Layani Jemaah Haji dengan Kemampuan Terbaik

Mahkamah Agung Arab Saudi awal pekan ini meminta semua Muslim di Kerajaan untuk melihat bulan sabit Dzulhijjah pada Rabu malam.

Umat Muslim mengikuti kalender bulan yang terdiri dari 12 bulan dalam satu tahun 354 atau 355 hari. Melihat bulan sabit juga digunakan untuk menandai dimulainya bulan puasa Ramadhan, yang jatuh pada bulan kesembilan dalam kalender Islam, dan Idul Fitri yang menandai akhir Ramadhan.

Salah satu dari lima rukun Islam, haji adalah ziarah ke Makkah di Arab Saudi, yang harus dilakukan setiap Muslim setidaknya sekali seumur hidup jika mereka mampu.

Sebanyak 172.562 jamaah tiba di Kerajaan Arab Saudi pada 21 Juni menjelang musim haji tahun ini.

Baca juga: Penerbangan Haji Langsung dari Israel ke Arab Saudi Diusulkan untuk Normalisasi
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2119 seconds (10.55#12.26)