Kremlin: Serangan Rusia akan Berakhir Saat Ukraina Menyerah

Selasa, 28 Juni 2022 - 20:01 WIB
loading...
A A A
Ajudan Presiden Rusia Yuri Ushakov mengumumkan kehadiran Putin, tetapi mengatakan kepada wartawan bahwa masih belum jelas dalam kapasitas apa pemimpin Rusia itu akan berpartisipasi.

“Saya berharap pandemi akan memungkinkan forum penting ini diadakan secara langsung, tetapi saya tidak dapat menebaknya,” ujar Ushakov.

KTT G20 menyatukan para pemimpin dari 20 ekonomi terbesar dunia, dengan perwakilan dari Uni Eropa (UE) juga hadir bersama para kepala negara Eropa, dan beberapa organisasi internasional, termasuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), mendapat undangan tamu setiap tahun.

Presiden AS Joe Biden meminta Widodo, pada Maret, untuk mengecualikan Putin dari pertemuan tahun ini.

Adapun Perdana Menteri (PM) Kanada Justin Trudeau menyatakan, “Tidak bisa bisnis seperti biasanya jika Vladimir Putin duduk di sekitar meja berpura-pura bahwa semuanya OK saja. Karena itu tidak OK dan itu salahnya.”

Namun, Joko Widodo tidak menyerah pada kampanye tekanan dan mengundang Putin seperti yang direncanakan.

Presiden Indonesia juga telah meminta Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky untuk melakukan perjalanan ke Bali pada November.

Joko Widodo menghadiri KTT G7 di Jerman sebagai tamu akhir pekan ini, dan setelah berangkat pada Minggu, dia akan melakukan perjalanan pekan ini ke Kiev dan Moskow untuk bertemu Zelensky dan Putin.

Dalam posting Twitter pada Minggu, Widodo mengatakan dia bertujuan “mengundang kedua pemimpin untuk membuka dialog dan menghentikan perang.”

Namun, usahanya bisa sia-sia. Sejak awal konflik pada Februari, Zelensky telah beralih antara menyerukan pembicaraan dan bersumpah merebut republik Donbass dan Krimea dengan paksa.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1080 seconds (0.1#10.140)