PBB: Turki Kemungkinan Terbaik Kirim Tim Penyelamat ke Afghanistan

Kamis, 23 Juni 2022 - 05:45 WIB
loading...
PBB: Turki Kemungkinan Terbaik Kirim Tim Penyelamat ke Afghanistan
Taliban mengerahkan helikopter yang jumlahnya terbatas untuk mengevakuasi korban gempa yang terluka parah. Foto/REUTERS/BAKHTAR
A A A
KABUL - Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) tidak memiliki kemampuan pencarian dan penyelamatan di Afghanistan dan Turki "dalam posisi terbaik" untuk menyediakannya.

Pernyataan itu diungkapkan Wakil Utusan PBB di Afghanistan Ramiz Alakbarov setelah gempa mematikan di Afghanistan pada Rabu (22/6/2022).

"Kami membicarakannya dengan kedutaan besar Turki di sini dan mereka menunggu permintaan resmi," ungkap Ramiz Alakbarov.

Baca juga: KBRI Sebut Sejauh Ini Tak Ada WNI Jadi Korban Gempa Afghanistan

“Kami akan dapat membuat permintaan seperti itu hanya setelah diskusi dengan otoritas de facto dan berdasarkan pada kenyataan di lapangan,” ujar dia.

Korban tewas akibat gempa di Afghanistan mencapai 1.000 orang, menurut pejabat manajemen bencana, dengan lebih dari 1.500 orang terluka.



Baca juga: Korban Jiwa Gempa Bumi Afghanistan Tembus 1.000 Orang, 1.500 Terluka

Jumlah itu diperkirakan akan bertambah seiring informasi mengalir dari desa-desa pegunungan terpencil yang terkena dampak gempa.

Alakbarov yang berbicara dari Kabul mengatakan, “Meski Taliban belum secara resmi meminta bantuan dari tim pencarian dan penyelamatan internasional, PBB telah meminta negara-negara di kawasan itu untuk melihat apakah mereka bersedia mengerahkan kapasitas seperti itu.”
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.0888 seconds (10.177#12.26)