Lima Kota Paling Kotor di Asia, Nomor 3 Ada Tetangga Indonesia

Sabtu, 18 Juni 2022 - 18:49 WIB
loading...
A A A
Sebagian dari penduduknya bekerja sebagai pembuat tembikar, penenun, dan pembuat sabun.

3. Tondo, Manila

Dalam sejarahnya, Tondo diketahui dibangun di pinggiran metro Manila. Dulunya kawasan tersebut adalah tempat pembuangan sampah. Seiring perkembangannya, Tondo dikenal sebagai salah satu kawasan paling kotor di Asia.

Dikutip dari US News, sumber air yang kotor dan masalah kebersihan lainnya membuat berbagai penyakit merajalela. Sumber penghasilan penduduknya adalah memilah sampah berupa barang yang masih bisa dijual atau didaur ulang.

Selain itu, pada salah satu daerahnya penduduk mencari nafkah dengan mengumpulkan potongan ayam dari sampah. Setelah itu mereka merebusnya dan membuat hidangan bernama Pagpag yang nantinya dijual ke penghuni lainnya.



4. Orangi Town, Karachi

Kota paling kotor di Asia yang berikutnya adalah Orangi Town. Kota Orangi merupakan bagian dari Distrik Karachi, Pakistan. Dikutip dari US News, kota ini berisikan sekitar 113 pemukiman pinggiran Karachi. Tepatnya di Pantai Barat Pakistan yang membentang 8.000 hektar dan menjadi rumah bagi 1,5 hingga 2,4 juta orang.

Para penghuninya tinggal di rumah yang terbuat dari balok beton. Sekitar 8 sampai 10 orang harus berbagi dalam dua atau tiga kamar yang tersedia. Setelah kehilangan layanan pemerintah, mereka membangun dan membiayai sendiri saluran pembuangan di kawasan tersebut.

Sebagian besar penduduknya bekerja sebagai pembuat karpet, barang-barang dari kulit, hingga produk lainnya. Tingkat kepadatan penduduk yang melebihi kapasitas, serta kurangnya akses air bersih berkontribusi pada masalah kesehatan, termasuk malaria.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2038 seconds (0.1#10.140)