Macron: Ukraina Harus Menang Perang Melawan Rusia

Jum'at, 17 Juni 2022 - 01:45 WIB
loading...
A A A


Meskipun Macron telah mendukung Ukraina sepanjang konflik dan mengutuk invasi Rusia, menyebutnya sebagai "kesalahan bersejarah dan mendasar" pada satu titik, presiden Prancis itu juga menyerukan resolusi diplomatik untuk perang dan mempertahankan dialog dengan Putin.

Namun dalam kunjungan pertamanya ke Ukraina sejak perang dimulai, yang ia gambarkan sebagai "pesan persatuan Eropa terhadap Ukraina," menurut Politico, Macron dan rekan-rekannya dari Jerman dan Italia tampaknya terkejut dengan tingkat kehancuran yang ditimbulkan.

Mirip dengan pesan Macron yang mencela "kebiadaban" di Irpin, Scholz mengatakan saat berkeliling di pinggiran kota yang rusak bahwa kehancuran kota itu mengatakan banyak hal tentang kebrutalan perang agresi Rusia, yang hanya untuk penghancuran dan penaklukan, menurut AP

Sedangkan Draghi mengatakan bahwa Ukraina akan mendapat bantuan Eropa dalam membangun kembali "segala sesuatu" yang hancur.



Presiden Rumania Klaus Iohannis, yang juga mengunjungi Ukraina tetapi tiba secara terpisah dari para pemimpin Eropa lainnya, mengatakan bahwa dia berjuang untuk menemukan kata-kata untuk menggambarkan tragedi kemanusiaan yang tak terbayangkan dan kehancuran yang mengerikan yang mereka lihat di Irpin.

"Saya sangat memperbaharui seruan saya untuk semua pelaku Rusia untuk bertanggung jawab oleh peradilan pidana internasional, yang Rumania dukung sepenuhnya," tambahnya.

(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1264 seconds (0.1#10.140)