Daftar 9 Negara yang Mengakui Israel sebagai Sebuah Negara

Kamis, 16 Juni 2022 - 11:54 WIB
loading...
A A A
Inggris, menjadi salah satu negara di benua Eropa yang mengakui Israel sebagai negara yang berdaulat. Negara ini pula yang turut andil dalam pendirian negara Yahudi tersebut.

3. Jerman

Hubungan Israel kini sangat erat dengan Jerman, meski di masa lalu rezim Nazi Jerman merupakan pihak yang bertanggung jawab atas pembantaian etnis Yahudi Eropa yang dikenal sebagai Holocaust.

Sekarang, Jerman tak hanya mengakui Israel sebagai negara berdaulat, tapi juga menjalin kerja sama di bidang pendidikan, ekonomi hingga militer.

4. Mesir

Negara ini telah menandatangani perjanjian damai dengan Israel pada tahun 1979, dan secara resmi mengakuinya sebagai negara berdaulat. Mesir termasuk salah satu negara Liga Arab, di mana para anggotanya jarang memberikan dukungan untuk Israel.

5. Yordania

Yordania juga bagian dari Liga Arab tapi mengakui negara Israel pada tahun 1994. Meski demikian, kedua negara kerap bersitegang terutama terkait konflik di sekitar Masjid Al-Aqsa.

6. Uni Emirat Arab

Uni Emirat Arab termasuk negara baru yang mengakui Israel sebagai negara berdaulat. Negara Teluk yang kaya ini sepakat menormalisasi hubungan dengan Israel dengan meneken Kesepakatan Abraham yang dimediatori pemeritah Amerika Serikat di era Presiden Donald Trump.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1571 seconds (0.1#10.140)