Daftar 9 Negara yang Mengakui Israel sebagai Sebuah Negara

Kamis, 16 Juni 2022 - 11:54 WIB
loading...
Daftar 9 Negara yang Mengakui Israel sebagai Sebuah Negara
Empat dari 9 negara yang mengakui Israel sebagai negara berdaulat adalah negara-negara Arab. Foto/REUTERS
A A A
JAKARTA - Israel adalah sebuah negara di wilayah Timur Tengah yang terletak di dekat garis pantai timur Laut Mediterania. Negara ini telah terlibat konflik berkepanjangan dengan Palestina.

Sejak perang 1967, Israel menduduki banyak wilayah Palestina. Hingga saat ini, Palestina hanya memiliki kontrol wilayah yang lebih kecil di Tepi Barat dan Jalur Gaza.

Melansir dari worldpopulationreview.com, meskipun Israel tergabung dalam PBB, Israel—pada Desember 2020—hanya diakui oleh 165 dari 193 negara anggota PBB. Sebagian anggota PBB yang menolak adalah negara-negara mayoritas Muslim.

Penolakan pengakuan itu merupakan tindakan solidaritas politik dengan Palestina, yang kedaulatannya diakui oleh sekitar 139 anggota PBB, termasuk Indonesia.



Inilah 9 negara yang mengakui Israel sebagai sebuah negara:

1. Amerika Serikat

Amerika Serikat menjadi negara pertama yang mengakui negara Israel. Presiden Harry Truman mengakuinya sebagai otoritas de facto negara Yahudi baru pada 15 Mei 1948.

Sampai saat ini Amerika Serikat menjadi sekutu utama Israel. Washington-lah yang menyumbang dana besar-besaran untuk Tel Aviv hingga menjadi negara terkuat di Timur Tengah.

2. Inggris

Inggris, menjadi salah satu negara di benua Eropa yang mengakui Israel sebagai negara yang berdaulat. Negara ini pula yang turut andil dalam pendirian negara Yahudi tersebut.

3. Jerman

Hubungan Israel kini sangat erat dengan Jerman, meski di masa lalu rezim Nazi Jerman merupakan pihak yang bertanggung jawab atas pembantaian etnis Yahudi Eropa yang dikenal sebagai Holocaust.

Sekarang, Jerman tak hanya mengakui Israel sebagai negara berdaulat, tapi juga menjalin kerja sama di bidang pendidikan, ekonomi hingga militer.

4. Mesir

Negara ini telah menandatangani perjanjian damai dengan Israel pada tahun 1979, dan secara resmi mengakuinya sebagai negara berdaulat. Mesir termasuk salah satu negara Liga Arab, di mana para anggotanya jarang memberikan dukungan untuk Israel.

5. Yordania

Yordania juga bagian dari Liga Arab tapi mengakui negara Israel pada tahun 1994. Meski demikian, kedua negara kerap bersitegang terutama terkait konflik di sekitar Masjid Al-Aqsa.

6. Uni Emirat Arab

Uni Emirat Arab termasuk negara baru yang mengakui Israel sebagai negara berdaulat. Negara Teluk yang kaya ini sepakat menormalisasi hubungan dengan Israel dengan meneken Kesepakatan Abraham yang dimediatori pemeritah Amerika Serikat di era Presiden Donald Trump.

7. Bahrain

Sama seperti Uni Emirat Arab, Bahrain juga memberikan pengakuannya kepada Israel sebagai negara yang berdaulat. Negara ini bagian dari penandatangan Kesepakatan Abraham.

8. Mauritania

Negara ini pada akhirnya memutuskan untuk membuka hubungan diplomatik dengan Israel pada tahun 1999, yang artinya mengakui rezim Zionis Israel sebagai negara berdaulat.

9. Jepang

Hubungan Israel–Jepang dimulai pada 15 Mei 1952 ketika Jepang mengakui Israel dan sebuah legasi Israel dibuka di Tokyo. Pada 1955, sebuah legasi Jepang dengan seorang Menteri Berkuasa Penuh dibuka di Tel Aviv. Pada 1963, hubungan tersebut ditingkatkan pada tingkat Kedutaan Besar, dan masih pada tingkat tersebut sejak itu.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1368 seconds (0.1#10.140)