Biden Umumkan Bantuan Senjata Rp14 Triliun untuk Ukraina

Kamis, 16 Juni 2022 - 01:37 WIB
loading...
Biden Umumkan Bantuan Senjata Rp14 Triliun untuk Ukraina
Presiden AS Joe Biden umumkan bantuan senjata terbaru untuk Ukraina senilai Rp14 triliun. Foto/Ilustrasi/Sindonews
A A A
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden pada Rabu waktu setempat mengumumkan suntikan senjata baru senilai USD1 miliar atau sekitar Rp14 triliun untuk Ukraina . Menurut sejumlah sumber, paket bantuan itu termasuk sistem roket anti-kapal, roket artileri, dan peluru untuk meriam howitzer.

Dalam panggilan telepon dengan Presiden Volodymyr Zelenskiy , Biden mengatakan dia memberi tahu pemimpin Ukraina itu tentang bantuan persenjataan baru.

"Saya memberi tahu Presiden Zelenskiy bahwa Amerika Serikat memberikan bantuan keamanan senilai USD1 miliar lagi untuk Ukraina, termasuk artileri tambahan dan senjata pertahanan pantai, serta amunisi untuk artileri dan sistem roket canggih," kata Biden dalam sebuah pernyataan setelah melakukan pembicaraan telepon selama 41 menit seperti dilansir dari Reuters, Kamis (16/6/2022).

Presiden AS itu juga mengumumkan tambahan USD225 juta (Rp3,3 triliun) dalam bantuan kemanusiaan untuk membantu orang-orang di Ukraina, termasuk dengan memasok air minum yang aman, pasokan medis dan perawatan kesehatan penting, makanan, tempat tinggal, serta uang tunai bagi keluarga untuk membeli barang-barang penting.



Paket bantuan, yang datang saat Menteri Pertahanan Lloyd Austin bertemu dengan sekutu AS di Brussel, dapat dibagi menjadi dua kategori: transfer barang pertahanan berlebih dari stok AS dan senjata lain yang didanai oleh Inisiatif Bantuan Keamanan Ukraina (USAI), sebuah program terpisah yang disahkan kongres.

Tiga sumber yang mengetahui rinciannya, berbicara dengan syarat anonim, mengatakan bahwa satu paket sekitar USD350 juta (Rp5,1 triliun) diharapkan mencakup lebih banyak roket untuk Multiple Launch Rocket Systems (MLRS) yang telah dikirim ke Ukraina dan peluru artileri untuk howitzer dan suku cadang M777.

Paket kedua, diperkirakan berjumlah lebih dari USD650 juta (Rp9,6 triliun) dan didanai menggunakan USAI, dapat mencakup peluncur rudal anti-kapal Harpoon berbasis darat, radio aman, penglihatan malam dan pelatihan.



Sebelumnya, pada bulan Mei, pemerintahan Biden mengumumkan rencana untuk memberikan Sistem Roket Artileri Mobilitas Tinggi M142 Ukraina setelah menerima jaminan dari Kiev bahwa mereka tidak akan menggunakannya untuk mencapai target di dalam wilayah Rusia. Biden memberlakukan syarat itu untuk mencoba menghindari eskalasi perang Ukraina.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1943 seconds (0.1#10.140)