Sudah 5 Negara Larang Film Putri Nabi Muhammad 'The Lady of Heaven'

Senin, 13 Juni 2022 - 08:43 WIB
loading...
Sudah 5 Negara Larang Film Putri Nabi Muhammad The Lady of Heaven
Lima negara; Maroko, Iran, Irak, Mesir dan Pakistan, melarang pemutaran film tentang putri Nabi Muhammad SAW berjudul The Lady of Heaven. Foto/Cineworld
A A A
RABAT - Sudah ada lima negara yang melarang pemutaran film Inggris tentang putri Nabi Muhammad yang berjudul "The Lady of Heaven". Maroko menjadi negara terbaru yang mengeluarkan larangan tersebut.

Larangan dikeluarkan oleh otoritas perfilman Maroko setelah film tentang Fatimah Az-Zahra tersebut dikecam oleh dewan agama negara.

Majelis Ulama Tertinggi Maroko mengatakan; "Film itu adalah pemalsuan terang-terangan dari fakta-fakta yang sudah mapan dari Islam."

Majelis Ulama tersebut yang dikutip BBC, Senin (13/6/2022), mengatakan film itu berpihak pada hal yang menjijikkan. "Para pembuat film mencari ketenaran dan sensasionalisme dan menyakiti perasaan umat Islam serta membangkitkan sensitivitas agama," bunyi pernyataan majelis tersebut.

Baca juga: Dituduh Picu Protes Film Putri Nabi Muhammad, Inggris Pecat Ulama Penasihat

Sebelum Maroko, sudah ada empat negara yang mengeluarkan larangan serupa. Mereka adalah Mesir, Pakistan, Iran dan Irak.

Jaringan bioskop Inggris, Cineworld, telah membatalkan pemutaran film tersebut setelah muncul protes atas penggambaran putri Nabi Muhammad SAW, Fatimah Az-zahra.

Penulis film itu adalah ulama Muslim Syiah Sheikh Yasser al-Habib yang dilucuti kewarganegaraan Kuwait-nya karena dianggap memiliki ide-ide ekstremis.

Film itu menggambarkan "inkarnasi Nabi", yang oleh umat Islam tidak bisa diterima.

Para pembuat film mengatakan mereka berusaha keras untuk menghindari orang suci yang diperankan oleh seorang aktor.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2314 seconds (11.210#12.26)