Profil Walter Rothschild, Tokoh Yahudi yang Membuat Palestina Diduduki Israel

Jum'at, 10 Juni 2022 - 13:49 WIB
loading...
A A A
Surat tersebut menjadi cikal-bakal pertikaian panjang antara Israel dan Palestina, termasuk menduduki beberapa wilayahnya.

Lantas, kenapa kala itu Inggris memberi dukungan terhadap Zionisme?

Dikutip dari situs History, dukungan ini dikarenakan Inggris kala itu sedang mengalami kekhawatiran terhadap arah Perang Dunia.

Di satu sisi, pada pertengahan 1917, Inggris dan Prancis sedang mengalami kebuntuan dengan Jerman di blok barat. Selain itu, upaya mengalahkan Turki di semenanjung Gallipoli juga gagal.

Hal ini membuat Perdana Menteri David Lloyd George membuat keputusan dengan mendukung Zionisme, gerakan dari tokoh Yahudi bernama Chaim Weizmann yang menetap di Manchester.

Motif di balik keputusan ini adalah pemerintah Inggris berharap dukungan yang membantu Zionisme ini bisa memberikan timbal balik, berupa dukungan Yahudi.

Setelah Deklarasi Balfour, populasi Yahudi di Palestina meningkat secara signifikan. Akibatnya, sering terjadi kasus-kasus kekerasan yang melibatkan orang-orang Yahudi-Arab.

Ketidakstabilan daerah ini membuat Inggris menunda keputusannya tentang Palestina. Namun, setelah Perang Dunia Kedua, justru lebih banyak dukungan internasional untuk Zionisme.

Hasilnya adalah mereka mendeklarasikan diri secara resmi pada 1948 dengan mendirikan Israel.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1098 seconds (0.1#10.140)