Profil Walter Rothschild, Tokoh Yahudi yang Membuat Palestina Diduduki Israel

Jum'at, 10 Juni 2022 - 13:49 WIB
loading...
Profil Walter Rothschild, Tokoh Yahudi yang Membuat Palestina Diduduki Israel
Tokoh Yahudi Lionel Walter Rothschild. Foto/britannica
A A A
LONDON - Lionel Walter Rothschild merupakan seorang tokoh Yahudi berkebangsaan Inggris. Pria kelahiran London, 8 Februari 1868 ini dikenal sebagai ahli zoologi Inggris dan seorang kolektor.

Dilansir dari Britannica, Walter Rothschild adalah putra tertua dari Nathan Mayer Rothschild. Dalam pendidikannya, dia sempat belajar di Universitas Bonn dan Magdalene College, Cambridge.

Sejak saat itu, dia sudah memiliki ketertarikan pada bidang zoologi. Tercatat dia memiliki berbagai koleksi hewan dan mendirikan Museum Sejarah Alam Rothschild di London.



Dalam karirnya, Rothschild pernah merambah ke dunia politik. Dia menjabat sebagai Anggota Parlemen Konservatif untuk Aylesbury pada 1899 sampai 1910.



Selain itu, dia juga dikenal sebagai seorang Zionis dan teman dekat Chaim Weizmann, pemimpin gerakan Zionis.



Pada 1917, dengan perannya yang menempati posisi tinggi di komunitas Anglo-Yahudi, dia menerima surat dari Arthur James Balfour yang kala itu menjabat sebagai Menteri Luar Negeri Inggris.

Isinya berisi tentang pemerintah Inggris yang mendukung didirikannya permukiman orang-orang Yahudi di Palestina. Surat tersebut dikenal sebagai Deklarasi Balfour.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1771 seconds (0.1#10.140)