Gambar Satelit Tunjukkan Kapal Rusia Angkut Biji-bijian Curian dari Ukraina

Selasa, 24 Mei 2022 - 19:30 WIB
loading...
A A A
Zelensky telah mendesak masyarakat internasional untuk membantu negara yang terkepung itu membuka blokir pelabuhannya.



“Masyarakat dunia harus membantu Ukraina membuka blokir pelabuhan, jika tidak krisis energi akan diikuti oleh krisis pangan dan lebih banyak negara akan menghadapinya,” kata presiden Ukraina itu pada akhir pekan lalu.

Dia menambahkan bahwa Rusia telah memblokir hampir semua pelabuhan dan semua, sehingga untuk berbicara, peluang maritim untuk mengekspor makanan biji-bijian kami, jelai, bunga matahari dan banyak lagi di antara banyak hal.

Operasi angkatan laut Rusia telah merebut kendali dan akses ke Laut Hitam barat laut dan Laut Azov sejak menginvasi Ukraina pada 24 Februari, membuat perdagangan dan pengiriman di daerah itu terhenti.

Para ahli telah memperingatkan bahwa produksi gandum sekarang diperkirakan akan berkurang setengahnya tahun ini. Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken, yang menuduh Moskow menjadikan makanan sebagai senjata dan menyandera jutaan orang dalam perjalanannya menginvasi Ukraina, mengatakan bahwa diperkirakan ada 22 juta ton biji-bijian tersimpan di gudang Ukraina.

Namun, Moskow telah membantah tuduhan pencurian gandum.

Juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov, sebelumnya menyebut laporan Rusia mencuri gandum sebagai "berita palsu", seperti dilaporkan kantor berita negara Rusia TASS.



(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0920 seconds (0.1#10.140)