China dan India Sama-sama Tak Takut Perang, Konflik Makin Memanas

Senin, 22 Juni 2020 - 14:26 WIB
loading...
A A A
"Apakah mereka akan menggunakan senjata nuklir untuk sengketa perbatasan? Bukan karena mereka ingin, tetapi karena itu mungkin meningkat atau tidak sengaja pindah ke area itu."

Beijing mengatakan Lembah Galwan—yang tertinggi di wilayah perbatasan Himalaya di mana pasukan Cina dan India terlibat dalam perkelahian mematikan minggu lalu—sepenuhnya jatuh di China. Ini adalah klaim terbaru yang berani untuk wilayah sengketa tersebut.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Zhao Lijian mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Jumat bahwa Lembah Galwan terletak di sisi China dari Garis Kontrol Aktual di bagian barat perbatasan China-India.

Dia menyalahkan serangan oleh pasukan India di daerah itu dari awal Mei untuk bentrokan tengah malam pada hari Senin yang menewaskan 20 tentara India. China belum mengatakan apakah mereka menderita korban jiwa.

Bentrok pasukan kedua negara itu melibatkan pentungan, batu, dan baku tinju di wilayah dengan ketinggian 4.270 meter (14.000 kaki) di atas permukaan laut, tetapi tidak ada tembakan senjata api.

Para pejabat keamanan India mengatakan kematian para tentaranya disebabkan oleh cedera parah dan paparan suhu dingin.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri India Anurag Srivastava mengulangi penegasannya pada hari Sabtu bahwa klaim China terhadap Lembah Galwan dilebih-lebihkan dan tidak dapat dipertahankan.

"Mereka tidak sesuai dengan posisi China sendiri di masa lalu. Pasukan India sepenuhnya akrab dengan penyelarasan LAC di semua sektor di wilayah perbatasan India-China, termasuk di Lembah Galwan. Mereka mematuhinya dengan cermat di sini, seperti yang mereka lakukan di tempat lain," kata Srivastava dalam sebuah pernyataan.
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0909 seconds (0.1#10.140)